batampos.co.id – Pandemi yang sudah berjalan sekitar 1,5 tahun ini memang banyak membuat orang enggan bepergian naik pesawat jika bukan urusan penting.

Salah satunya adalah kekhawatiran terpapar virus selama berada di bandara maupun dalam pesawat.

Namun dengan langkah-langkah ketat dari pemerintah dan otoritas penerbangan, Anda tak perlu khawatir lagi terbang di masa pandemi ini.

Namun Anda tetap harus menyiapkan diri lebih ekstra agar perjalanan aman dan juga nyaman. Termasuk di dalamnya beli tiket pesawat online saja. Semua maskapai, seperti Lion Air dan lainnya juga masih beroperasi ke banyak rute sehingga tetap memudahkan Anda yang ingin bepergian.

Jika ini akan jadi kali pertama Anda naik pesawat di masa pandemi ini, Anda harus tahu ada banyak aturan yang berubah dan berbeda dari sebelum saat pandemi berlangsung.

Nah, agar penerbangan Anda lancar, intip dulu yuk tips-tips berikut ini!

1. Sediakan dokumen penting yang diperlukan

Ya, terbang selama masa pandemi ini membutuhkan dokumen tambahan seperti hasil negatif Covid-19 dari rapid tes antigen maupun PCR serta sertifikat vaksinasi. Peraturan ini bersifat dinamis sesuai perkembangan pandemi di Indonesia.

Oleh karena itu Anda harus update mengenai syarat penerbangan terbaru yang berlaku saat ini.

Contohnya saja sekarang saat PPKM darurat Jawa-Bali setiap calon penumpang wajib membawa atau menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama dan membawa surat keterangan negatif Covid-19 dengan tes PCR di laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan.

Jika Anda belum vaksinasi, segera vaksin sebelum berangkat agar bisa memiliki sertifikat vaksin.

Anda bisa mengikuti vaksinasi bandara yang diadakan oleh Traveloka bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, AP II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang dilakukan di Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta hingga 25 Juli 2021 untuk dosis pertama.

2. Tiba lebih awal di bandara

Sama seperti sebelum pandemi, saat ini pun Anda disarankan tiba lebih awal karena pemeriksaan di bandara jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Selain pemeriksaan tiket di pintu masuk oleh petugas, Anda juga harus melewati pemeriksaan suhu badan otomatis dengan mesin yang tersedia, lalu pemeriksaan dokumen penting seperti disebutkan di poin pertama.

Setelahnya Anda baru bisa masuk ke ruang check in, drop bagasi jika ada dan menunggu di boarding room.

Banyaknya step tambahan yang harus dilakukan membuat Anda harus memperhitungkan kemungkinan terburuk, seperti jika antrian ramai, jika banyak orang yang terbang di hari yang sama dan faktor-faktor lainnya. Maka dari itu pastikan Anda tiba di bandara 2-3 jam lebih awal dari waktu penerbangan.

3. Patuhi protokol kesehatan

Mulai dari Anda keluar rumah menuju bandara sampai tiba di bandara tujuan nantinya, Anda tidak boleh kendor melakukan protokol kesehatan dengan disiplin.

Pakailah baju dengan lengan panjang sesuai rekomendasi bepergian dengan transportasi umum saat andemi.

Ini untuk melindungi Anda dari potensi kontak fisik dengan orang lain. Selain itu pakailah masker dengan benar, yaitu menutupi bagian hidung dan mulut dengan rapat.

Untuk perlindungan maksimal, Anda bisa pakai dua masker, yaitu masker medis di lapisan pertama yang bersentuhan dengan kulit wajah, lalu ditimpa dengan masker kain untuk meningkatkan kemampuan masker dalam menyaring udara yang Anda hirup.

Anda boleh pakai face shield tapi tidak wajib. Yang wajib adalah pakai masker dan jaga jarak dengan orang lain.

4. Bawa barang penting selama pandemi

Bukan hanya obat-obatan, Anda kini juga harus membawa barang-barang penting selama pandemi.

Seperti masker cadangan, hand sanitizer dan desinfektan ukuran travel maksimal 100ml, tisu basah beralkohol dan juga tisu kering.

Barang-barang ini penting dibawa untuk menjaga kebersihan diri dan juga barang-barang di sekitar Anda saat terbang sehingga meminimalisir potensi tertular virus selama bepergian. Anda bisa menyimpan barang-barang ini ke dalam tas kecil yang Anda bawa ke kabin.

5. Dengarkan instruksi awak kabin

Untuk mengatur flow penumpang agar tidak sampai bertumpuk, maka selama pandemi ini awak kabin biasanya akan mengatur penumpang masuk ke pesawat berdasarkan nomor kursi.

Selain itu saat turun juga Anda tidak bisa langsung berdiri, buka bagasi di atas kompartemen dan jalan keluar pesawat. Awak kabin juga akan memanggil Anda berdasarkan nomor tempat duduk untuk dipersilahkan keluar pesawat.

Maka dari itu penting sekali untuk selalu mendengarkan dan mengikuti instruksi awak kabin agar penerbangan terasa lebih nyaman dan tetap aman.

Nah itulah tadi tips-tips yang perlu Anda perhatikan jika baru kali ini terbang selama pandemi berlangsung. Perhatikan tips-tips tersebut agar tidak kaget saat akan terbang nantinya.

Selain itu penting juga jaga kondisi tubuh Anda tetap fit saat akan berangkat karena imun yang kuat akan jadi benteng utama melawan berbagai infeksi dan menghindarkan diri Anda dari berbagai penyakit. Selamat bepergian dan jangan lupa tetap taat prokes dimana saja ya!(*)