batampos.co.id – Imunitas tubuh merupakan benteng pertahanan paling depan untuk menjaga diri dari ancaman penyakit. Terlebih lagi di masa pandemi ini buruknya tingkat imunitas punya kaitan erat dengan tingginya risiko terinfeksi virus corona.

Selain menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, Anda juga perlu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Lalu apa saja cara meningkatkan imunitas tubuh yang bisa dilakukan? Berikut penjelasannya.

1. Banyak konsumsi makanan bergizi

Makanan yang Anda konsumsi menentukan kualitas daya tahan tubuh Anda. Maka dari itu Anda harus mengonsumsi makronutrisi dan mikronutrisi secara seimbang. Makronutrisi, misalnya makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, sedangkan mikronutrisi meliputi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, seperti buah dan sayuran.

Perhatikan juga cara mengolah makanan yang dikonsumsi. Disarankan perbanyak makanan yang direbus, dikukus dan ditumis agar kandungan nutrisi pada bahan makanan tidak hilang.

Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan berwarna cerah karena kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga bisa bantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa merusak sel imun.

2. Rutin olahraga

Meski saat ini kita semua disarankan di rumah saja, namun jangan sampai lupa olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga intensitas tinggi, cukup yang ringan-ringan saja, seperti jogging di sekitaran komplek rumah, bersepeda, senam aerobic lewat video senam online, latihan dengan barbell di rumah dan sebagainya.

Sisihkan waktu Anda sekitar 15-30 menit sehari untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar dan jauh-jauh dari infeksi bakteri maupun virus penyebab penyakit.

3. Tidur yang cukup

Tidur dalam waktu yang cukup juga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya saat kita tidur, tubuh melakukan detoksifikasi dan regenerasi, juga recovery sel-sel dalam tubuh. Oleh karena itu pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam untuk dewasa.

Jika Anda kurang tidur, tak hanya imun yang terganggu, tetapi fokus Anda untuk beraktivitas keesokan harinya juga akan berkurang.

4. Cukupi kebutuhan cairan harian

Untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, pastikan Anda juga mengonsumsi air yang cukup; sebanyak 2 liter – 2,5 liter per hari. Jika tubuh kekurangan air, maka menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Mulai dari pusing, jantung berdebar-debar, sembelit dan juga membuat metabolisme tubuh menurun. Ujung-ujungnya imun tubuh juga ikut turun.

5. Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang jika dilakukan dengan tepat. Sinar matahari dapat meningkatkan produksi vitamin D yang bermanfaat meningkatkan imun tubuh.

Anda disarankan berjemur di waktu tertentu dimana paparan sinar UV matahari tidak terlalu tinggi. Waktu yang disarankan adalah antara pukul 08.00 – 09.00 pagi dan cukup 10-15 menit saja setiap kali berjemur.

6. Minum suplemen vitamin

Untuk memastikan Anda mengonsumsi vitamin sesuai jumlah yang dianjurkan per harinya, sebagai tambahan Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi vitamin B lengkap, vitamin C, vitamin D hingga vitamin E. Tak ketinggalan juga berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh seperti Omega 3, zinc, selenium dan sebagainya.

Namun ingat untuk selalu mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang tersedia dan jangan berlebihan. Selain itu juga bijak membeli suplemen vitamin secara online karena ada saja oknum yang memanfaatkan kondisi ini untuk menjual vitamin atau suplemen palsu.

7. Hindari stres

Stres merupakan salah satu sumber penyakit. Semakin tinggi tingkat stres Anda, maka semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh padahal keduanya merupakan yang paling berperan dalam memerangi berbagai infeksi dari virus, bakteri, dan juga jamur. Stres juga bisa membuat seseorang lari ke alkohol dan rokok yang tidak sehat bagi tubuh.

Namun dengan kondisi sekarang ini, kita semua rentan sekali stres. Mulai dari urusan pembatasan kegiatan, tidak bisa kemana-mana dengan bebas, mungkin ada juga yang kehilangan pekerjaan karena pandemi berkepanjangan dan kondisi-kondisi lainnya. Namun Anda harus sebisa mungkin menghibur diri untuk mengusir stres jauh-jauh. Bisa dengan ngobrol dengan teman lewat video atau voice call, menonton video lucu untuk meningkatkan suasana hati atau melakukan hal-hal yang Anda suka.

Pasalnya stres berkepanjangan dan dibiarkan begitu saja dapat menurunkan kadar zat kimia penting dalam tubuh, seperti hormon kortisol dan hormon adrenalin yang juga bisa berdampak pada gangguan pada hormon pertumbuhan, sistem reproduksi, tiroid hingga produksi insulin, sehingga ujung-ujungnya akan menurunkan sistem imun tubuh Anda.

Nah, demikianlah info mengenai berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh terutama di masa pandemi ini. Jangan lupa juga untuk selalu stok vitamin dan suplemen penting untuk mendukung kesehatan Anda dan keluarga. Ada Vitamin & Suplemen Day di Shopee yang bisa Anda andalkan untuk mencari dan membeli berbagai vitamin dan suplemen asli dengan harga diskon.

Selain itu juga ada gratis ongkir tiap hari, ekstra cashback 50% dan juga barang serba seribu dalam program 8.8 Pesta Diskon Supermarket yang digelar Shopee hingga Agustus mendatang. Ingat untuk membeli dari seller terpercaya agar tidak sampai membeli vitamin palsu. Yuk selalu jaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk Covid-19!