batampos.co.id – Relawan Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri menyediakan layanan peminjaman tabung oksigen gratis.

Sebanyak 10 tabung beserta regulator dipinjamkan secara cuma-cuma untuk warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ketua ITM Kepri, Edyanto menjelaskan gagasan layanan peminjaman oksigen gratis muncul karena adanya keresahan warga yang kesulitan mendapatkan oksigen dan alat regulator saat isolasi mandiri.

”Oksigen menjadi kebutuhan warga yang isolasi, tapi regulator oksigen langka dan juga harganya mahal. Jadi kami tergerak hati untuk mencarikan oksigen dan regulator,” ungkapnya, Jumat (30/7/2021).

Menurutnya, layanan peminjaman oksigen berukuran 6 meter kubik (m3) ini telah berlangsung sejak Senin (27/7/2021) lalu.

Relawan tengah menyiapkan tabung oksigen di sekretariat itm Kepri. Foto: Yusnadi/Batam Pos

Namun, karena keterbatasan oksigen dan alat regulator, tidak bisa melayani seluruh permintaan oksigen.

”Permintaan sangat banyak, dari luar Kepri ada juga yang menghubungi. Tapi tabung oksigen terbatas, saat ini tersisa dua tabung,” kata Edyanto.

Bagi warga Tanjungpinang yang membutuhkan oksigen, dapat mengunjungi Sekreteriat ITM Kepri Jalan Potong Lembu dengan membawa persyaratan.

”Jadi cukup bawa KTP dan hasil antigen positif, serta penjamin. Tidak dipunggut biaya, cukup tanda tangan pernyataan peminjaman saja,” ujar Ediyanto.

Pihaknya, kata Ediyanto, berharap melalui layanan ini, dapat membantu dan meringankan beban ekonomi warga yang tengah isolasi mandiri.

”Mudah-mudahan dapat membantu. Semoga seluruh pasien Covid-19 diberikan kesembuhan, dan pandemi cepat berlalu,” harapnya.(jpg)