batampos.co.id – Rambutan asal Tanjungbatu, Karimun saat ini tengah membanjiri Batam. Harganya dipatok cukup murah, berkisar dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram (kg).

Buah unik berwarna merah tersebut bisa dengan mudah ditemui di seluruh penjuru Batam.

Salah satunya di stan penjual buah di Pasar Tiban Centre. Salah seorang penjual buah yang mangkal di sekitar pintu masuk menuju Pujasera Tiban Centre, Andi, mengatakan, tiap hari rambutan dipasok sebanyak 5 ton ke kios buahnya.

”Tiap hari, bos kirim 5 ton ke semua kios buahnya. Memang sekarang lagi musim untuk rambutan dan durian. Kalau seingat saya, dalam setahun, musim rambutan itu hanya dua bulan saja,” katanya, Kamis (30/7/2021).

Pantauan Batam Pos, peminat buah manis ini cukup banyak. Di kios buah milik Andi saja, rata-rata pembeli memborong lebih dari dua kilogram.

Seorang pedagang menjajakan rambutan dari Tanjungbatu di Pasar Tiban Center, Jumat (30/7). Foto: Rifki Setiawan/Batam Pos

Rambutan dari Tanjungbatu ini berukuran kecil, warnanya tidak terlalu merah, daging buahnya tidak terlalu lekang, dan rasanya manis.

”Sekilo dijual Rp 10 ribu. Cukup banyak yang membeli rambutan ini, karena memang musimnya sebentar. Rasanya yang manis juga membuat orang suka,” tuturnya.

Menurut Andi, pasokan rambutan ke Batam cukup besar, bisa mencapai 400 ton per harinya.

Dengan pasokan sebesar itu, cukup untuk memasok seluruh kios buah di Batam.

Sementara di tempat lain, saking banyaknya rambutan yang dijual, penjual bahkan rela menurunkan harga hingga Rp 7 ribu per kg agar laku terjual.

Bahkan ada juga potongan harga Rp 20 ribu untuk tiga kilogram.

Rambutan merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Buah ini salah satu tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara.

Kata ”rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Rambutan kaya akan vitamin c, kalsium, fosfor, kalium serta karbohidrat.

Dengan kandungan seperti itu, rambutan berkhasiat melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, serta menurunkan risiko diabetes.(jpg)