Kamis, 25 April 2024

53 Calon Penumpang Kapal Positif RT-Antigen

Berita Terkait

batampos.co.id – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang mencatat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 sejak 12 Juli hingga 29 Juli 2021 ditemukan 53 calon penumpang yang positif Covid-19 di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang dan ASDP Tanjunguban.

Selama 18 hari saat PPKM diberlakukan, total orang yang melakukan rapid tes antigen mencapai 2.357 orang. Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaludin juga menjelaskan selama PPKM level 4 diberlakukan penurunan aktivitas penum- pang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang dan ASDP Tanjunguban sangat terasa, bahkan turun hingga 40 persen.

”Penumpang turun drastis, sekitar 40 persen penumpang, dalam screening di pintu keberangkatan banyak ditemukan positif,” kata Agus, Sabtu (31/7) kemarin.

Dijelaskan Agus, penumpang yang ditemukan positif akan ditindalanjuti berdasarkan aturan yang berlaku. Setelah dilakukan epidemiologi bersama pihak kesehatan, yang bersangkutan akan dikarantina terpadu atau menjalani karantina mandiri.

”Sebelum dibawa ke Villa Lohas akan dipastikan terlebih dahulu ketersediaan tempat tidurnya, namun selama ini masih mencukupi,” ujarnya.

Agus mengimbau kepada masyarakat terutama calon penumpang di Pelabuhan saat PPKM level 4, sebelumnya melakukan perjalanan Tanjungpinang ke Batam atau sebaliknya pastikan memiliki sertifikat vaksinasi.

Selama ini yang menjadi kendala adalah saat ditemukan warga yang positif terkonfirmasi, sementara yang bersangkutan warga dengan KTP di luar Tanjungpinang. ”Yang bersangkutan kami bawa ke Villa Lohas dengan biaya ditanggung pemerintah,” sebutnya.(*/jpg)

Update