batampos.co.id – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menghentikan sementara pelayanan paspor pada masa penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus corona.

Meski demikian, untuk pemohon dalam kategori mendesak, seperti pasien yang akan berobat ke luar negeri tetap dapat mengakses layanan keimigrasian.

“Pada masa dalam PPKM ini, Imigrasi memberikan layanan on call untuk masyarakat. Silakan pergunakan ini untuk masyarakat di Batam jika ada kebutuhan yang mendesak untuk paspor,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, I. Ismoyo.

Ia melanjutkan, bagi masyarakat yang membutuhkan paspor untuk kebutuhan mendesak, bisa menghubungi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam ke nomor 0813 6470 0070.

Adapun mekanisme untuk pembuatan paspor untuk kebutuhan yang mendesak itu mekanismenya sama dengan pembuatan paspor pada umumnya.

Namun yang membedakannya adalah pelayanannya. Dimana, petugas Imigrasi akan turun langsung ke masyarakat.

“Supaya mereka juga tetap mendapatkan kepastian. Petugas nan-
ti datang tentu memakai APD (Alat Pelindung Diri). Kami standar APD nya pasti ada,” katanya.

Layanan jemput bola untuk kategori mendesak ini sudah ada sejak sebelum adanya pandemi Covid-19 dan dibuka setiap hari termasuk hari libur.

Sehingga layanan on call ini tetap di jalankan sejak adanya pandemi Covid-19. Dan untuk yang memanfaatkan layanan on call ini, kata Ismoyo cukup banyak.

Namun untuk jumlahnya ia mengaku harus mengecek data lebih lanjut.

“Hari Minggu jika ada sesuatu yang mendesak dilayani. Apalagi karakteristik Batam yang dekat dengan Singapura dan Malaysia sehingga banyak pengobatan untuk orang sakit,” ujarnya.(jpg)