batampos.co.id – Pemberlakuan Pembatasan Mobilitas Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa-Bali akan berakhir pada Senin, 2 Agustus 2021. Lantas apakah bakal diperpanjang? Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memperpanjang lagi PPKM Level 4 tersebut. Hal ini lantaran masih tingginya angka penularan Covid-19 di dalam negeri.

“Saya menilai bahwa penerapan PPKM Level 4 dan Level 3 yang sudah dilakukan pemerintah belum berdampak signifikan terhadap penurunan orang yang terpapar Covid-19” ujar Saleh kepada wartawan, Senin (2/8).

“Kalau melihat hasil yang sudah ada saat ini terkait dengan (jumlah, Red) orang yang terpapar Covid-19, saya kira pemerintah cenderung akan memperpanjang PPKM,” tambahnya.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan memang sudah ada daerah yang angka Covid-19 menurun. Tapi, menurutnya pemerintah masih tetap membatasi pergerakan masyarakat. Misalnya dengan melonggarkan PPKM.

“Mungkin akan ada pergeseran-pergeseran angka saja. PPKM Level 4 mungkin turun jadi PPKM Level 3 atau sebaliknya. Jadi pada intinya saya melihat bahwa PPKM ini lebih besar peluang diperpanjang oleh pemerintah,” ungkapnya.

Jika nantinya Presiden Jokowi memutuskan PPKM tersebut diperpanjang, Saleh berpesan agar pemerintah mempercepat pemberian bantuan sosial (bansos) ke masyarakat. “Pemerintah harus memastikan jaring pengaman sosial dalam bentuk subsidi dan bantuan sosial yang ada itu mesti cukup dan harus didistribusikan secara merata dan tepat sasaran,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Menurut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Presiden Jokowi direncanakan bakal mengumumkan mengenai nasib PPKM tersebut. Apakah akan diperpanjang atau tidak.

Sejumlah daerah menerapkan level PPKM berbeda sesuai dengan kategori yang diatur pemerintah. PPKM di Jawa-Bali didominasi Level 3-4. Sementara di luar Jawa-Bali, daerah-daerah menerapkan PPKM beragam dari Level 2 hingga 4.(jpg)