batampos.co.id – Pemerintah Arab Saudi masih menangguhkan
sementara kedatangan jemaah umrah asal Indonesia.

Hal ini, tentu membuat sejumlah biro travel tutup karena tidak lagi melayani keberangkatan jemaah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar, mengatakan, sejauh ini ada dua biro travel umrah berkantor pusat di Batam yang tutup beroperasi.

Kedua biro travel tersebut adalah Mabrur dan Travel Holiday. Sementara lima travel lainnya masih melayani perjalanan umrah, yakni; Travel Zulindo, Azzam Mecca, DKI Tour, Nettour dan Semesta Anta Salam.

“Awalnya travel yang pusatnya di Batam ada tujuh travel sekarang tinggal lima. Kondisi ini tidak lepas dari situasi pandemi saat ini,”
ujar Zulkarnain, Senin (2/8/2021).

Ditanya mengenai daftar tunggu perjalanan umrah di Batam, ia menerangkan, sejauh ini belum ada informasi terbaru dari biro perjalanan umrah.

Begitu juga dengan kepastian perjalanan umrah, masih menunggu informasi dari pusat.

Bagaimana dengan biaya umrah, apakah ada kenaikan mengingat ada biaya karantina yang diwajibkan pemerintah Arab Saudi selama 14 hari?

Zulkarnain mengaku, sejauh ini masih proses lobi di tingkat pusat.

“Ya, ada biaya karantina dan ini belum final. Kalau biaya normal sebelum pandemi Rp 20 juta, setelah pandemi naik menjadi Rp 26 juta, dan sekarang belum ada info terbaru,” kata Zulkarnain.

Diketahui, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa ibadah umrah akan dibuka kembali untuk jemaah dari luar negeri, mulai 10 Agustus 2021 mendatang.(jpg)