batampos.co.id – Vaksinasi yang selama ini terpusat di Temenggung Abdul Jamal dan menyebabkan kerumunan massa, kini dialihkan ke polsek-polsek. Vaksinasi massal atau gerai vaksin presisi digelar Polresta Barelang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam di seluruh Polsek, Senin (2/8) pagi.

Kegiatan yang dilakukan serentak ini, polisi menyediakan 1.600 dosis. Kapolresta Barelang, Kombes Yos Guntur, mengatakan, gerai vaksin ini bertujuan memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin Covid-19. Sehingga target vaksinasi di Batam segera terpenuhi.

”Masyarakat dapat langsung menuju ke gerai vaksin di wilayah terdekat hanya dengan membawa KTP. Setelah datang ke polsek langsung mengambil nomor antrean, sehingga masyarakat yang tidak mendapatkan nomor antrean besok bisa datang kembali,” ujarnya.

Yos menjelaskan, dalam pelaksanaannya, polsek jajaran diberikan target berdasarkan kemampuan dan koordinasi Kapolsek dengan tenaga vaksinator dan vaksin. Seperti Polsek Sagulung 200 orang, Polsek Seibeduk 100 orang, Polsek BLP 100 orang, Polsek Batuaji 200 orang, Polsek Batam Kota 100 orang, Polsek Nongsa 200 orang.

Kemudian Polsek Bengkong 100 orang, Polsek Sekupang 100 orang, Polsek Lubuk Baja 100 orang, Polsek Batu Ampar 100 orang, Polsek Bulang 100 orang, Polsek Galang 100 orang, dan Polsek KKP 100 orang.

”Total ada 1.600 orang yang divaksin. Pelayanan vaksin ini tetap kami lakukan evaluasi setiap harinya. Mari sama-sama kita sukseskan program pemerintah ini dalam upaya menuju herd immunity,” katanya.

Dalam kegiatan itu, Yos juga meminta seluruh personel untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan dengan mematuhi 5M. ”Kegiatan berjalan lancar. Dan tetap mematuhi protkes,” tutupnya.

Proses vaksinasi Covid-19 di polsek-polsek tersebut berjalan lancar, Senin (2/8) pagi. Mereka mengikuti antre secara teratur dan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan tertib dan teratur sesuai aturan protokol kesehatan yang ada.(*/jpg)