Jumat, 19 April 2024

Kapal ke Batam Hanya 3 Kali, Jika Telat Harus Tunggu 3,5 Jam

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Tanjungpinang resmi diperpanjang dari 3 hingga 9 Agustus 2021 mendatang. Selama itu juga mengatur mobilitas masyarakat yang akan bepergian.

Di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang saat ini hanya ada tiga jadwal kapal berangkat ke Batam dalam satu hari, sehingga calon penumpang diminta teliti dalam melihat jadwal agar tidak ketinggalan kapal.

Selain itu dalam perpanjangan PPKM level 4 aturan kepada calon penumpang seperti penyediaan surat rapid antigen dan kartu vaksinasi untuk perjalanan ke Batam dan daerah lain di Provinsi Kepri masih diberlakukan.

Petugas Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya menjelaskan saat ini aturan untuk calon penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang masih diberlakukan pemeriksaan surat antigen dan kartu vaksinasi.

”Masih kita lakukan pemeriksaan, bagi yang belum memiliki surat antigen silahkan lakukan pemeriksaan di pelabuhan ada disediakan,” kata Marta, Selasa (3/8).

Selain itu, karena mobilitas masyarakat masih dibatasi aktivitas di Pelabuhan SBP Tanjungpinang juga sepi. Di mana kapal yang berangkat ke Batam dalam satu hari hanya tiga kali. Kapal berangkat ke Batam tepat pukul 10.30 WIB, 14.00 WIB dan 17.30 WIB, calon penumpang yang akan berangkat diimbau datang lebih awal karena jika ketinggalan kapal akan menunggu cukup lama.

”Dalam tiket juga sudah diimbau calon penumpang diminta datang 30 menit sebelum keberangkatan,” tegasnya.

Sementara untuk kapal ke Lingga, Senayang dan Dabo Singkep tidak ada karena penumpang yang akan berangkat sangat sedikit sehingga pihak operator kapal meniadakan keberangkatan.

Untuk kapal ke Anambas tetap beroperasi pukul 07.30 WIB dan tujuan Tanjungbalai Karimun pukul 13.00 WIB. ”Sepi sekarang, kadang untuk ke Batam satu kali berangkat hanya 30 orang, satu hari kadang hanya 100 lebih,” tambahnya.

Pantauan Batam Pos, beberapa calon penumpang yang tertinggal kapal pukul 10.30 WIB terpaksa menunggu keberangkatan kapal kedua yaitu pukul 14.00 WIB. Salah seorang penumpang, Reski, 31, mengaku ketinggalan kapal ke Batam karena tidak mengira bahwa kapal berangkat tepat pukul 10.30 WIB sehingga harus menunggu keberangkatan kapal kedua.

”Tadi saya sudah lari dari depan, ternyata kapal berangkat on time, terpaksa nunggu kapal jam 02.30 nanti,” tuturnya.(*/jpg)

Update