batampos.co.id – Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam mencatat ada penurunan jumlah sampel Covid-19 diperiksa selama beberapa hari terakhir ini. Jumlah sampel yang masuk hanya kisaran 300 sampel per hari.

Menurun drastis dari pekan-pekan sebelumnya yang mencapai 600 hingga 900 sampel sehari. Ini menunjukkan penyebaran Covid-19 di Kota Batam dan Kepri mulai melandai. ”Iya, ada penurunan diangka 300 sampel per hari dalam beberapa hari terakhir ini,” ujar kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa, Rabu (4/8).

Serupa juga disampaikan pengelolah Tempat Permakaman Umum (TPU) Seitemiang, Sekupang. Jumlah jenazah korban Covid-19 yang dimakamkan per hari menurun drastis. Dalam sepekan belakangan, jenazah korban Covid-19 yang dimakamkan rata-rata di bawah 10 jenazah. Dua pekan sebelumnya, angka kematian akibat Covid-19 sangat tinggi, dan TPU Seitemiang bisa memakamkan lebih 20 jenazah sehari.

”Terus menurun. Kemarin ( Selasa, 3/8) tujuh jenazah Covid-19 yang kami makamkan,” ujar sekretaris Yayasan Khairul Umma Zailani, selaku pengelola pemakaman muslim di TPU Seitemiang, kemarin.

Begitu juga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji, jumlah pasien Covid-19 yang ditangani terus berkurang. Hingga kemarin, tersisa 55 pasien lagi. Padahal, pekan sebelumnya, pasien yang ditangani di atas 100 orang dan rumah sakit terpaksa membuka sejumlah ruangan baru demi melayani semua pasien Covid-19 tersebut.

”Sudah berkurang. Tanggal 1 Agustus lalu 71 orang, hari ini sisa 55 orang lagi,” ujar Wadir Pelayanan Medik RSUD Embung Fatimah, Sri Rupiati, kemarin. (*/jpg)