batampos.co.id – Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta petugas posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat RT/RW lebih aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

”Saya meminta bantuan bapak ibu untuk ikut menjelaskan kepada masyarakat perihal upaya kita memutus penyebaran virus ini,” kata Wali Kota saat penyerahan insentif petugas PPKM di Batam, Rabu (4/8).

Menurut dia, petugas posko PPKM tingkat RT/RW memiliki peranan penting dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, karena lebih dekat dengan masyarakat.

Ia menyampaikan, penanganan dan pencegahan Covid-19 masih membutuhkan kerja keras dari berbagai pihak, termasuk petugas PPKM RT/ RW.

”Kalau pandemi ini selesai, kalianlah salah satunya yang paling berjasa. Bukan saya wali kota. Untuk itu saya ucapkan ribuan terima kasih untuk kalian, biarlah Allah SWT yang membalas,” kata dia.

Penerapan kebijakan PPKM di Batam, kata dia, berhasil menurunkan kasus penularan Covid-19. Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengingatkan pentingnya menurunkan angka penularan Covid-19, agar tingkat keterisian tempat idur di rumah sakit menurun.

Apabila tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit meningkat dan pelayanan kesehatan terbatas, maka akan berbahaya bagi warga dan tenaga kesehatan.

”Saya beberapa kali ke rumah sakit untuk mengecek, kasihan tenaga kesehatan kita. Mereka bekerja dengan risiko yang tinggi, sementara mereka juga punya keluarga, punya anak sama kayak kita,” kata Wali Kota.(*/antara)