batampos.co.id – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam tidak hanya menghentikan layanan pembuatan paspor, pelayanan secara tatap muka terhadap Warga Negara Asing (WNA) juga dihentikan sementara.

Bagi WNA yang izin tinggal keimigrasiannya berakhir di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat ini, masih dapat diperpanjang dengan melakukan permohonan perpanjangan izin tinggal pada laman https://izintinggal-online.
imigrasi.go.id/.

Kepala Bidang (Kabid) Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Wahyu Wibisono, mengatakan, untuk WNA yang berada di Batam jumlahnya cukup banyak.

Mereka di Batam tidak hanya karena keperluan pekerjaan, namun mereka juga terikat dengan adanya perkawinan dengan warga Batam.

”Izin tinggal itu ada yang kami berikan izin tinggal satu tahun dan ada juga lima tahun. Jadi untuk pelayanan izin tinggal bagi orang asing kami buka secara online, sehingga tidak ada lagi orang
asing atau penjamin yang datang ke kantor imigrasi,”
ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa penghentian pelayanan keimigrasian secara tatap muka ini bersifat sementara dan akan terus dievaluasi sesuai dengan arahan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam.

”Bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi layanan izin tinggal dapat menghubungi di nomor +62811 7777 430,” katanya.

Ia melanjutkan, bila permohonan telah berhasil, pemohon diminta untuk melakukan konfirmasi ke nomor +62811 7777 430 dengan mengirimkan mengirimkan bukti permohonan izin tinggal online.

Kemudian, jadwal selanjutnya akan dikonfirmasi oleh petugas
melalui WhatsApp atau email.

”Jadi setelah masa PPKM ini selesai, mereka datang untuk melakukan pembayaran dan foto. Jadi untuk saat ini mereka mengajukan permohonan melalui aplikasi itu, nanti kita input. Jadi untuk menghindari izin tinggalnya berakhir karena dia tidak bisa keluar rumah. Karena ini melindungi mereka juga,” katanya.

Ia menambahkan, pemohon perpanjangan izin tinggal diharapkan memperhatikan pengisian data permohonan karena dapat berakibat pada gagalnya permohonan perpanjangan izin tinggal.

Apabila pengajuan permohonan perpanjangan izin tinggal tersebut mengalami kegagalan, pemohon bisa menghubungi nomor yang telah diberikan dan datang ke Kantor Imigrasi jika diperlukan.

”Dengan membawa bukti gagal permohonon perpanjangan izin tinggal online dan persyaratan yang sudah ditentukan,” imbuhnya.(jpg)