batampos.co.id – Pemerintah saat ini memperbolehkan ibu hamil untuk ikut kegiatan vaksinasi Covid-19.

Kendati sudah diperbolehkan, ibu hamil diminta untuk tetap berkonsultasi dengan spesialis kandungan sebelum mengikuti
vaksinasi.

Plt Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Solihin, mengatakan, saat ini pihaknya masih tahap sosialisasi melalui puskesmas yang berhadapan langsung dengan ibu hamil.

Menurutnya, vaksinasi untuk ibu hamil harus dilakukan berhati-hati.

”Perlu peran dokter kandungan, agar kegiatan vaksinasi untuk ibu
hamil ini bisa berjalan dengan baik. Sebab kondisi ibu hamil berbeda dengan warga lainnya yang sudah menjadi penerima
vaksin,” sebutnya, Jumat (6/8).

Untuk itu, petugas kesehatan yang ada di puskesmas tengah gencar memberikan sosialisasi kepada ibu hamil yang datang untuk berkonsultasi.

Tidak hanya itu, sebelum pelaksanaan vaksinasi untuk ibu hamil, pihaknya perlu berdiskusi dengan Perhimpunan Obstetri Ginekolog Indonesia (POGI).

”Untuk saat ini masih tahap sosialisasi. Nanti kami juga akan bertukar pikiran dan membahas kelanjutan vaksinasi khusus ibu hamil ini, termasuk mengenai risiko atau efek vaksin yang perlu dijelaskan,” sebut Solihin.

Mengenai data ibu hamil yang menjadi sasaran vaksinasi, ia menuturkan belum memiliki data.

Pihaknya bersama pihak puskesmas akan melakukan pendataan mengenai jumlah sasaran. Untuk vaksin juga belum ada informasi hingga kini.

”Belum ada jadwal dan lainnya. Nanti kalau sudah ada kami akan infokan. Soalnya kami juga harus sosialisasi dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengizinkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil mulai 2 Agustus 2021.

Sebelumnya para ibu hamil tidak direkomendasikan untuk mendapat vaksin Covid-19.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 Tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, hingga 3 Agustus 2021, jumlah warga Batam yang telah mendapat vaksinasi Covid-19 telah mencapai 549.792 orang atau 60,60 persen dari total sasaran 907.317 orang.

Jumlah warga yang telah divaksin itu merupakan dosis pertama. Sedangkan pada dosis kedua, jumlah warga Batam yang telah divaksin masih mencapai 118.061 orang.(jpg)