batampos.co.id – LaporCovid-19 memaparkan hasil survei persepsi orang tua terkait pembukaan sekolah di masa pandemi Covid-19. Adapun, tingkat pendidikan serta pendapatan orang tua mempengaruhi keinginan untuk segera dibukanya sekolah.

“Kedua penilaian orang tua mengenai urgensi vaksinasi bagi anak usia sekolah sebagai dasar PTM itu berhubungan dengan tingkat pendapatan dan pendidikan orang tua,” ungkap Kolaborator Ilmuan LaporCovid-19 Dicky Pelupessy dalam webinar Pemaparan Survei Pembukaan Sekolah di DKI Jakarta, dilansir dari Jawapos.com, (Senin 9/8).

Ia menyampaikan, orang tua yang memiliki pendapatan tinggi memilih pembelajaran tatap muka dilaksanakan apabila anaknya telah mendapatkan vaksinasi. Begitu juga untuk tingkat pendidikan, semakin tinggi jenjangnya, merasa keselamatan menjadi prioritas utama.

“Makin tinggi pendapatan dan pendidikan orang tua, makin dinilai penting vaksinasi bagi anak usia sekolah dan dikaitkan dengan PTM,” ujar dia.

Di mana diklasifikasikan, orang tua dengan pendapatan di atas Rp 5 juta hingga lebih dari Rp 15 juta meminta agar vaksinasi lebih diutamakan. Begitu pula orang tua dengan pendidikan mulai dari tingkat SMA/sederajat hingga pascasarjana yang memilih vaksinasi anak yang diutamakan.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah dapat lebih gencar lagi melakukan vaksinasi bagi anak dengan lebih terarah dan dengan pesan dan medium relevan kepada orang tua kelompok kelas menengah ke bawah.

“IIni artinya perlu adanya peningkatan pemahaman kepada orang tua terkait vaksinasi secara umum atau vaksinasi bagi umum, khususnya kepada kelompok menengah ke bawah,” tandasnya. (jpg)