Jumat, 29 Maret 2024

5 Keuntungan Menggunakan SPARTA Smart Solution untuk Penyediaan Air Bersih di Indonesia

Berita Terkait

batampos.co.id – Sukses menerapkan “Smart Water Management System”, PT. Adhya Tirta Batam (ATB) menjadi pionir dalam penyediaan air bersih dengan teknologi tinggi di Indonesia.

Setelah membubuhkan catatan yang gemilang di Batam, teknologi unggulan dari ATB menjadi incaran beberapa daerah.

ATB sendiri mempunyai dua teknologi unggulan, salah satunya adalah SPARTA Smart Solution.

SPARTA merupakan teknologi terintegrasi yang telah terbukti mampu membantu mengoptimalkan layanan air dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan tingkat kebocoran air yang rendah.

SPARTA Smart Solution adalah jawaban atas kebutuhan pengelolaan air bersih yang efektif dan efisien. Teknologi ini telah mendapatkan Paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Lantas, apa saja keuntungan menggunakan aplikasi ini?

1. Lebih Efisien

Salah satu keunggulan dari teknologi ini adalah membuat pelayanan air bersih menjadi lebih efisien. Hal ini dibuktikan lewat pencapaian ATB dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Batam.

Dengan teknologi canggih ini, cakupang pelayanan ATB mencapai 99,5% dengan kontinyuitas suplai 23,7 jam. Sementara rata-rata angka kehilangan air setelah penerapan teknologi ini hanya sekitar 14 persen.

Layanan SPARTA Smart Solution milik ATB miliki banyak keuntungan sebagai solusi penyediaan air bersih di Indonesia. Foto: ATB untuk batampos.co.id

2. Mengatasi Masalah Utama Penyediaan Air Bersih

Ada beberapa masalah yang harus dihadapi dalam penyediaan air bersih, seperti manajemen yang tidak efektif dan efisien, serta tingginya kebocoran. Dua poin ini berdampak signifikan terhadap performa PDAM dalam melayani kebutuhan air bersih di masyarakat.

Di sisi lain, cadangan air tawar di Indonesia kian terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang terus meningkat seiring dengan tingginya populasi, maka cadangan air ini harus dioptimalkan.

Untuk mencapai optimasi tersebut, dibutuhkan teknologi canggih seperti SPARTA Smart Solution. Dalam prakteknya, optimasi cadangan air ini telah berhasil diterapkan ATB di Kota Batam yang awalnya hanya berharap dari hujan untuk memenuhi pasokan air.

3. Lebih Siap untuk Masa Depan

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, hampir seluruh sektor beralih ke sistem digital. Mulai dari transportasi umum, kegiatan jual beli, dan masih banyak lagi. Perusahaan yang tidak menerapkan sistem digital sulit untuk bertahan di tengah persaingan saat ini.

Itulah kenapa, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pun perlu menerapkan teknologi canggih seperti SPARTA Smart Solution untuk persiapan masa depan. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, pelayanan untuk pelanggan jadi lebih mudah dan lebih efektif.

4. Sangat Fleksibel

Keunggulan lain dari teknologi ini adalah fleksibilitasnya. Setiap teknologi pasti dirancang dengan pertimbangan yang matang. Begitupun dengan terobosan baru dari ATB yang memiliki banyak modul dan dapat disesuaikan dengan kondisi PDAM di tiap-tiap wilayah. Artinya, modul dalam aplikasi dapat dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan PDAM. Berkat fleksibilitas tersebut, berbagai kendala yang dihadapi oleh PDAM dapat teratasi dengan tepat.

5. Memperluas Jangkauan

SPARTA Smart Solution bisa dibilang teknologi yang menarik karena kemampuannya dalam memasukkan Big Data Analytic dipadukan dengan sistem ERP. Berkat keunggulan ini, bukan hanya tim teknis operator lapangan saja yang dimudahkan, tapi juga memberikan insight manajemen. Artinya, dengan data-data yang tersaji pada teknologi ini, pengambilan keputusan bisnis bisa lebih tepat dan cepat. Sebab data yang disajikan adalah data akurat.

Akurasi data inilah yang menunjang keberhasilan dalam memperluas jangkauan. Karena seluruh data yang diinput tersaji secara real time. Hal ini dapat mengurangi tingkat kesalahan.

Nah, itu tadi lima keunggulan dari SPARTA Smart Solution yang jadi incaran di berbagai wilayah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Jika dilihat dari keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini juga mempermudah pengelolaan pelanggan air minum di PDAM. (*)

Update