batampos.co.id – Batam yang semula oleh pemerintah pusat ditetapkan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 kini turun menjadi PPKM level 3.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

“Ini tertuang dalam intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2021,” ujar Amsakar saat menghadiri vaksinasi dosis kedua dan pemeriksaan antigen di Sekupang, Selasa (10/8/2021).

Namun, Amsakar mengingatkan bahwa pengendalian pandemi ini masih belum selesai. Ia meminta semua pihak tidak lengah.

Kata dia, penurunan level hendaknya dimaknai sebagai pemacu semangat agar Batam benar-benar terbebas dari pandemi Covid-19.

“Kuncinya satu, kesadaran bersama kita semua. Sekarang kita telah buktikan kebersamaan itu ampuh. Pak Wali (Wali Kota Batam Muhammad Rudi,red) juga kerap sampaikan, prokes jangan sampai kita lupakan,” paparnya mengingatkan.

Kerja bersama yang dimaksudnya, di antaranya program vaksinasi yang didukung semua pihak, masyarakat juga sangat antusias untuk mengikutinya.

Kemudian, penerapan dan pengawasan prokes yang didukung Forkopimda, bahkan TNI Polri menurunkan personil mendukung kegiatan ini. Serta penerapan PPKM yang juga berhasil.

“Semua ini tercapaikan karean kesadaran kita semua. TNI Polri, pemerintah dan masyarakat semua bersatu padu, petugas PPKM juga sudah bekerja walau memang perlu ada penguatan supaya kerja optimal lagi,” imbuhnya.

Amsakar mengatakan, sejumlah indikator pengendalian Covid-19 di Batam membaik yakni jumlah yang terkonfirmasi sejak 20 Juli lalu cenderung melandai.

Pada rentan waktu yang sama, pasien yang pulih atau sembuh juga meningkat. Seiring hal ini ketersedian tempat tidur juga semakin banyak.

“Semoga pandemi ini segera teratasi,” jelasnya.(*/esa)