batampos.co.id – Kasat Polair Polresta Barelang, AKP Syaiful Badawi, mengimbau masyarakat Batam untuk menunda beraktivitas di laut. Sebab, saat ini tengah terjadi perubahan cuaca dimana cenderung hujan dan dinilai dapat membahayakan para pelaut.

“Perhatikan cuaca. Untuk sekarang, perubahan cuaca karena adanya angin selatan, gelombang tinggi, sebaiknya tunda dulu melaut,” ujar Badawi, Kamis (12/8) siang.

Badawi menjelaskan, dalakondisi ini, pihaknya sudah melakukan imbauan di sejumlah pelabuhan dan masyarakat pesisir. Ia meminta untuk selalu menggunakan pelampung atau life jacket.

“Intinya selalu waspada. Bagi kapten kapal, sebisa mungkin terus berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai kondisi cuaca,” ungkapnya.

Pihaknya juga terus memperketat pengawasan di jalur laut. Sebab, masih ada warga negara asing (WNA) yang masuk ke Batam tanpa dilengkapi dokumen resmi.

“Karena sekarang pandemi, maka kita tingkatkan kewaspadaan. Takutnya mereka (WNA) ini nanti yang membawa penyebaran virus,” katanya.

Sebelumnya, Sat Polair Polresta Barelang mengamankan sembilan orang warga negara Pakistan di Perairan Batuampar, Kamis (5/8). Mereka diduga masuk ke Indonesia secara ilegal dan tanpa dilengkapi dokumen resmi.(*/jpg)