batampos.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, masyarakat mau tidak mau harus mulai terbiasa untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari agar aktivitas dan roda perekonomian kembali berputar normal.

“Tadi Pak Menko sudah sampaikan kalau kita amati sepertinya kita akan hidup lebih lama dengan virus ini, kita harus membangun protokol kesehatan, tata kehidupan sehari-hari aman tetapi juga tetep beraktivitas agar ekonomi tetap jalan,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual, Senin (16/8).

Pemerintah sendiri telah menetapkan cek status vaksinasi melalui PeduliLindungi yang ditunjukkan saat hendak memasuki pusat perbelanjaan. Bahkan, sudah lebih dari 100 mal yang menggunakan aplikasi tersebut.

“Mal kita sudah pasangkan sistem kesehatan berbasis teknologi digital di lebih 180 mal dan sekarang kita sudah uji coba itu sudah satu juta orang orang yang kita check-in,” tuturnya.

Budi melanjutkan, nantinya hal serupa juga akan diterapkan pada sektor industri hingga transportasi, dan kegiatan pariwisata. Bahkan, termasuk juga keagamaan dan pendidikan.

“Jadi, semua kegiatan kehidupan kita sehari-hari akan adjust protokol kesehatannya dengan teknologi digital,” pungkasnya. (jpg)