batampos..co.id – Air bersih menjadi kebutuhan utama bagi kehidupan manusia. Namun, dalam prakteknya, masih ditemukan beberapa masalah yang membuat pelayanan air bersih di suatu daerah tidak berjalan optimal.

Sebab itu, dibutuhkan solusi cerdas dengan menerapkan kecanggihan teknologi seperti SPARTA Smart Solution.

Berbicara soal masalah dalam penyediaan air bersih, ada tiga poin yang cukup sering terjadi. Ketiganya membawa dampak serius bagi masyarakat yang menggunakan layanan PDAM.

 Manajemen Penyediaan Air Bersih

Masalah utama yang kerap kali dihadapi dalam pengadaan air bersih adalah manajemen yang tidak tepat.

Salah satu akibat dari manajemen yang tidak benar adalah kekurangan air bersih di suatu wilayah.

Hal ini tentunya sangat sering terjadi, di mana sebuah daerah mengalami kekurangan air bersih, entah secara mendadak maupun kontinyu.

Hal ini disebabkan pengelolaan air yang keliru. Padahal, bila air dikelola dengan tepat menggunakan SPARTA Smart Solution, hal semacam ini dapat diminimalisir.

Ketika pengelolaan air bersih bisa dilakukan secara efektif dan efisien, maka pelayanan air bersih di suatu daerah dapat meningkat.

3 Masalah Utama Penyediaan Air Bersih Ini Beres dengan SPARTA Smart Solution. Foto di Foto: Dokumentasi ATB untuk batampos.co.id

Kebocoran Jadi Masalah Serius dalam Pengadaan Air Bersih

Masalah kedua yang kerap terjadi adalah kebocoran, baik kebocoran secara teknis maupun administrasi. Kebocoran membuat pasokan air bersih terhambat. Padahal, di masa pandemi seperti sekarang, air bersih menjadi kebutuhan pokok.

Dengan sistem konvensional, kebocoran tidak dapat diatasi secara cepat karena titik-titik kebocorannya tidak terpantau.

Itulah kenapa penerapan teknologi SPARTA Smart Solution menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan pelayanan air bersih di Indonesia karena mampu memonitor setiap kondisi di lapangan dengan kecanggihan teknologi.

Selain kebocoran teknis, kebocoran administrasi juga menjadi momok tersendiri.

 Tarif Air yang Mahal

Tarif air bersih di setiap wilayah tidaklah sama per kubiknya. Masalah ini dapat terselesaikan dengan tarif yang disesuaikan UMR masing-masing daerah.

Bagi sebagian orang, masalah tarif ini cukup serius, karena untuk wilayah yang tarifnya tinggi, biaya yang dikeluarkan untuk layanan air bersih bisa lebih mahal daripada anggaran kebutuhan lainnya.

Terlepas dari masalah tarif air yang berbeda-beda di tiap wilayah, masalah manajemen dan kebocoran tak bisa dianggap sepele.

Itulah kenapa PDAM perlu menerapkan teknologi tinggi seperti SPARTA Smart Solution untuk memenuhi kebutuhan air bersih di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan hadirnya teknologi dari PT. Adhya Tirta Batam, manajemen air bersih dapat dilakukan secara lebih efektif. Selain itu, masalah kebocoran dapat ditekan berkat teknologi canggih yang diterapkan.

Implementasi teknologi canggih ini memberikan kemudahan dalam pengelolaan lapangan maupun pengelolaan data. Pelayanan dari hulu ke hilir dapat terpenuhi secara maksimal berkat sistem yang terintegrasi.

Lewat semua keunggulan yang ditawarkan, SPARTA Smart Solution bisa dibilang sebagai solusi cerdas untuk mengatasi masalah utama yang kerap hadir dalam pelayanan air bersih di Indonesia.

Penerapan teknologinya membantu meningkatkan kualitas air bersih dan memperlancar pasokan air bagi masyarakat, hingga kebutuhan di tengah pandemi dapat terpenuhi.

Hal ini terbukti dengan kualitas air bersih di Batam yang terus meningkat dari waktu ke waktu, bahkan menjadi daerah dengan pelayanan air bersih terbaik di Indonesia berkat penggunaan teknologi SPARTA Smart Solution.(*)