batampos.co.id – Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Infokim) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Tessa Harumdila, mengatakan, hingga saat ini tidak ada perjalanan wisata dari Batam ke Singapura dan Malaysia maupun sebaliknya.

Hal ini akibat adanya kebijakan pembatasan yang dilakukan oleh kedua negara, sebagai upaya dalam pengendalian penularan Covid.

”Untuk perjalanan wisata ke Batam maupun perjalanan wisata tujuan Singapura dan Malaysia belum ada,” ujar Tessa.

Selama ini sejumlah pintu masuk dari Malaysia dan Singapura hanya melayani pemulangan WNI dari kedua negara tersebut.

Sementara untuk tujuan wisata ke Malaysia dan Singapura, sudah tidak ada lagi. Sebab, perkembangan Covid-19 yang belum mereda menjadi alasan masyarakat menunda perjalanan keluar.

”Kalau yang pergi hanya untuk orang yang mempunyai keperluan penting atau ada urusan pemerintah dan syaratnya sudah ditentukan,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya memberikan layanan perpanjangan izin tinggal secara online bagi WNA yang belum bisa pulang ke negaranya melalui Singapura maupun Malaysia.

”Untuk pelayanan izin tinggal bagi orang asing, kami buka secara online, sehingga tidak ada lagi orang asing atau penjamin yang datang ke kantor Imigrasi,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pelayanan keimigrasian secara online ini bersifat sementara dan akan terus dievaluasi sesuai dengan arahan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam.

”Bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi layanan izin tinggal dapat menghubungi di nomor +62811 7777 430 dan untuk pelayanan paspor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam bisa menghubungi +62813 6470 0070,” katanya.(jpg)