batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam mengupayakan bantuan untuk warga yang masih terdampak Covid-19. Mobilisasi bantuan terus dilakukan agar bisa meringankan beban warga.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, untuk jaring pengaman sosial, walaupun APBD berat, Batam dapat memobilisasi potensi dari masyarakat yang ingin berbagi rasa dengan mereka yang terdampak.

“Aktivitas kegiatan masyarakat sudah mulai dilonggarkan, seperti mal sudah dibuka, walaupun persentasenya dibatasi, kegiatan di masyarakat sektor esensial juga dibuka. Semoga ini mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat,” ujarnya, Kamis (19/8).

Amsakar menambahkan, walaupun level penerapan PPKM di Batam semakin menurun, ia mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan (protkes). Masyarakat harus melakukan adaptasi di manapun berada.

“Harus siap semua menyambut level II, semakin rendah levelnya, semakin banyak kelonggaran, meskipun tetap dengan protkes yang ketat,” sebutnya.

Kasus yang sudah mulai melandai, serta pencapaian angka vaksin yang sudah berada di angka 70 persen lebih, membuat Batam semakin mantap menatap kondisi normal. Untuk itu, dalam zoom meeting bersama Gubernur disampaikan permintaan vaksin untuk Batam agar diakomodasi sesuai jumlah yang diajukan.

”Kami minta 50 ribu vial Sinovac dan AstraZeneca dalam jumlah yang sama. Kalau vaksin sudah tersedia, selanjutnya adalah tugas kami untuk menyukseskan penyuntikan kepada sasaran atau warga Batam, baik dosis 1 atau 2,” sebutnya.

Terkait bantuan beras yang sudah dimulai, Amsakar mengatakan, sampai saat ini masih menunggu bantuan dari berbagai pihak. Sebelumnya, bantuan yang datang dari pihak perbankan dan PLN sudah didistribusikan kepada masyarakat terdampak.

“Masih terus kami tunggu. Kalau ada lagi yang mau kasih bantuan kami sangat menyambut baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemko Batam menerima bantuan paket beras dari BI Kantor Perwakilan Kepri, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), dan PLN Batam. Bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan masyarakat lain yang terdampak di berbagai wilayah.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan dan segera disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Ini bentuk kebersamaan dengan semua pihak dalam penanganan Covid-19,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat menerima bantuan tersebut.(*/jpg)