batampos.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam meminta warga untuk waspada, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana.

Sebab, dalam beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi merata di hampir seluruh wilayah Kota Batam.

”Tetap waspada dalam segala kemungkinan bencana, baik itu longsor dan banjir. Segera lakukan penyelamatan minimal untuk diri sendiri dan keluarga terdekat apabila tempatnya terancam bencana,” kata Kepala BPBD Kota Batam, Azman, Selasa (24/8/2021).

Ilustrasi. Banjir yang terjadi di Kavling Seroja RW 07, Sei Pelungut, Sagulung. beberapa waktu lalu. Foto: Rengga/batampos.co.id

Ia mengatakan, hingga Selasa kemarin, pihaknya belum mendapatkan adanya laporan terkait dengan adanya longsor maupun banjir.

Meski demikian, pihaknya akan tetap siaga selama 24 jam penuh jika sewaktu-waktu mendapatkan laporan adanya longsor maupun banjir.

”Kita selalu standby dan selagi belum ada laporan, masih aman-aman saja. Kita selalu monitor dan standby menunggu adanya laporan. Tapi sejauh ini belum ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

Seperti, Dinas Sosial jika memerlukan evakuasi dan dapur umum maupun Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) dan Dinas Permukiman Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perkimtan) jika membutuhkan alat berat.

”Kita nunggu perkembangan hujan ini. Paling kita standby-lah di pos kita masing-masing. Kalau memang ada, kita ke lokasi dan melihat bagaimana kondisinya. Kita koordinasi dengan dinas terkait. Kalau alat berat dengan Dinas PU dan kalau ada korban,
nanti sama Dinsos,” imbuhnya.(jpg)