batampos.co.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan, daerah di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 sampai 3 dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Vaksinasi juga tidak menjadi syarat pembukaan sekolah.

“Vaksinasi tidak menjadi kriteria untuk membolehkan tatap muka. Semua di zona PPKM level 1 sampai 3 boleh tatap muka. Nggak perlu memikirkan konsiderasi (pertimbangan) ada vaksinasi atau tidak,” ujar Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI dikutip Kamis (26/8).

Akan tetapi, untuk sekolah yang berada di kawasan PPKM level 1 sampai 3 tersebut yang guru dan tenaga kependidikan telah semuanya divaksin, maka diwajibkan melakukan PTM terbatas. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

“Jadinya di level 1 sampai 3 semuanya boleh. Tapi ada yang wajib. Wajib itu sekolah yang guru dan tenaga kependidikannya sudah vaksinasi. Bukan muridnya,” imbuhnya.

Sebab menurutnya jika harus menunggu murid selesai divaksinasi, PTM terbatas tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Apabila harus menunggu, Nadiem menyebut itu akan membutuhkan waktu hingga 2,5 tahun.

“Itu udah nggak bisa, nggak bakal bisa kita kejar ketertinggalannya. Kita tidak punya opsi. Kita harus sekolah di dalam kondisi virus ini, itu adalah realitanya,” pungkas Nadiem.(jpg)