Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad menyapa atlet PON Kepri yang akan berangkat ke Papua, Minggu (29/9. (F.HumasPemprov)

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad melepas Kontingen Kepri yang akan berlaga pada pelaksanaan PON XX Papua. Kepri mengirimkan sebanyak 52 atlet untuk 16 cabang olah raga yang lolos dan berhak diikuti.

“Dari 16 cabang olah raga yang kita ikuti, mudah-mudahan bisa berbicara banyak. Cabang yang menjadi andalan atlet kita nanti tetap bisa menyumbangkan medali,” kata Ansar pada Pembekalan Altet & Pelatih Serta Kontingen Kepulauan Riau Pada Pekan Olah raga Nasional XX Papua, di Baverley Hotel Batam, Minggu (29/8).

Pelaksanaan PON XX Papua secara resmi dilaksanakan pada awal Oktober tepatnya dari tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021, dengan mempertandingkan 30 cabang olah raga.

Beberapa cabang olah raga pertengahan September nanti sudah ada yang mulai dipertandingkan. Karena itu beberapa atlet awal bulan September ada yang diberangkatkan.

Ansar berpesan kepada para atlet, pelatih dan official, untuk terus berlatih dan memaksimalkan waktu yang ada, guna terus meningkatkan kemampuan. Dengan demikian, saatnya bertanding nanti, bisa memberikan yang terbaik.

Pada PON XIX di Jawa Barat 2016, Kepri berada diposisi 19 dengan meraih 7 medali emas. Saat PON XX Papua Kepri bisa meraih medali lebih banyak lagi.

Pada kesempatan itu, gubernur berpesan kepada para atlet, untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Karena gelaran PON kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

”Terapkan selalu protkes, jaga kesehatan, semangat berlatih, dan jangan lupa berdoa. Berikan kebanggaan bagi Provinsi Kepri tercinta,” pesannya seraya memastikan akan ada bonus yang telah disiapkan Provinsi Kepri.

Sementara itu Ketua KONI Kepri, Usep RS memastikan kesiapan seluruh atlet dan kontingan Kepri untuk berlaga pada PON XX Papua. Dari 16 cabang yang diikuti, semua sudah sangat siap, dan akan memberikan yang terbaik.

Bahkan cabang yang menjadi andalan Kepri seperti layar, biliar, tinju dan takraw bisa kembali memberikan medali emasnya. Begitupun cabang lainnya, tetap ditargetkan menyumbangkan medali bagi Provinsi Kepri.

KONI juga terus memberikan pembekalan kepada para atlet dan pelatih, dan terus menyuport mereka, agar saatnya berlaga nanti, bisa tampil semaksimal mungkin.

Untuk pelaksanaan PON XX Papua nanti, kurang lebih 115 orang yang akan berangkat. Mereka terdiri dari 52 atlet, 29 pelatih, 10 official, 4 tenaga medis, 11 pengurus KONI Provinsi dan juga 20 personel keamanan dari Brimob.

Khusus untuk keamanan dari Brimob, hal ini sesuai arahan dari kepolisan yang ditindaklanjuti Polda Kepri. Hal ini guna memberikan rasa aman bagi semua kontingen selama mereka bertanding di Papua.

Pada kesempatan tersebut dilakukan upacara pelepasan kontingen. Di mana bertindak sebagai pimpinan upacara Gubernur Kepri Ansar Ahamad, sekaligus menyerahkan bendera Provinsi Kepri kepada Ketua Kontingen Usep. (*/jpg)