batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mengulang tahap prakualifikasi lelang SPAM Batam.

Sekretaris Komis IV DPRD Provinsi Kepri, Wirya Putra Silalahi, berharap tender SPAM Batam berjalan lancar karena akan menentukan kredibilitas Batam di mata investor.

“Pasokan distribusi air bersih ini merupakan hal mutlak yang diperlukan untuk menjamin masyarakat Batam, begitu juga dengan kepentingan dunia usaha dan investasi di Batam,” katanya.

Wirya menegaskan, lelang SPAM Batam harus dilakukan dengan akuntabilitas yang tinggi.

Sejumlah warga Kota Batam mengantre untuk mendapatkan pelayanan di kantor pusat SPAM Batam. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Serta bebas dari kepentingan kelompok tertentu. Bahkan, sejumlah lembaga negara harus mengawasi prosesnya.

Sehingga lanjutnya, keputusan atas pengelolaan SPAM Batam, baik di sisi hulu maupun hilir akan objektif dan mempertimbangkan kebutuhan Batam di masa mendatang.

Ia menjelaskan, sebagai kota industri, Batam harus ditunjang oleh dukungan utilitas yang memadai seperti air dan listrik.

Sehingga perusahaan yang memenangkan lelang SPAM Batam nanti, harus memahami hal ini.

“Warga Batam juga menunggu keputusan yang objektif dari penyelenggara lelang, yakni BP Batam. Intinya, lelang digelar untuk mengutamakan kepentingan rakyat,” jelasnya.

Ia mengapresiasi bahwa perusahaan-perusahaan ternama tertarik berpartisipasi dalam tender ini.

Dia berharap, Batam mendapatkan operator terbaik yang benar-benar mampu memberikan layanan air bersih terbaik untuk masa depan kota industri ini.

“Perusahaan yang berpengalaman kelola air mengikuti lelang ini. Sehingga rakyat Batam berharap yang terbaik tentunya,” jelasnya.(*)