batampos.co.id – Bagi Anda yang sekarang ini sedang sebuah bisnis, entah apapun bentuk usahanya. Dengan memiliki kemampuan untuk bisa mengatur stok barang masuk dan keluar menjadi hal mendasar.

Dalam hal ini, untuk membantu pekerjaan agar lebih mudah, saat ini banyak pilihan aplikasi inventory yang bisa digunakan. Mulai dari aplikasi untuk Android, laptop dan juga komputer. Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang berbeda, juga fitur yang dibawanya juga berbeda satu sama lain.

Menurut Jurnal.id di laman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/, aplikasi inventory barang berfungsi untuk mencatat stok barang, juga memiliki fungsi lain dalam membuat bisnis semakin memiliki keuntungan besar.

Aplikasi inventory barang bisa di gunakan untuk melacak tingkat inventaris, pesanan, pengiriman, dan juga proses penjualan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui tentang produksi, seperti pesanan kerja dan tagihan. Aplikasi ini cocok digunakan karena caranya yang lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan spreadsheet dan kertas dalam mengatur inventaris.

Untuk itu simak bahasan 20 Daftar Aplikasi Inventory Barang Terbaik 2021 berikut.

Aplikasi Inventory Yang Perlu Diketahui

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi inventory ini akan memudahkan dalam mengelola dan melacak persediaan barang atau inventory lebih efektif dan efisien.

Ada banyak pilihan fitur yang disediakan di aplikasi ini seperti menyimpan dan melacak barang, membuat invoice atau faktur, memantau ketersediaan produk, manajemen promosi, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini beberapa daftar aplikasi inventory yang bisa dijadikan pilihan untuk mencobanya:

1. Jurnal by Mekari

Salah satu aplikasi inventory yang bisa Anda gunakan yaitu Jurnal. Jurnal menjadi sebuah aplikasi yang berbasis cloud dan cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis berskala kecil sampai menengah atau untuk sektor UMKM. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap, mudah digunakan, dan gratis.

Sehingga hasil yang dibuat laporan akan terlihat akurat dan tepat. Fitur yang tersedia seperti bisa membuat pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran, persediaan, manajemen asset dan sebagainnya.

Untuk mencoba aplikasi ini selama 14 hari masih gratis, tapi selebihnya Anda harus berlanggan dahulu.

2. Mobile Inventory / Inventory management for small business or stores

Mobile Inventory yaitu sebuah aplikasi inventory yang bisa digunakan pelaku usaha skala kecil hingga menengah. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini cukup lengkap dan memiliki tampilan yang sederhana sehingga bisa digunakan secara mudah.

Beberapa fitur unggulan yang ada seperti manajemen saham, manajemen bursa, mengambil persediaan, filter item berdasarkan kategori, dan banyak fitur lain yang bisa diakses dengan gratis.

3. Inventory Management For Small Business Or Stores

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan stok barang saja. Namun juga aplikasi ini memberikan fitur untuk memanajemen stok barang dan juga melakukan pemesanan serta penjualan.

Beberapa fitur seperti manajemen persediaan, purchase order, sales order, hingga barcode yang sudah terintegrasi. Fitur-fitur keren ini bisa membantu Anda untuk menghindari kesalahan dalam melakukan perhitungan stok barang secara akurat. Dengan demikian hasil akhir dari laporan bisa diketahui dengan akurat dan juga tepat.

4. Easy Catalogue

Jika Anda sedang mencari aplikasi yang bisa digunakan secara offline, maka Easy Catalouge bisa menjadi pilih. Aplikasi bisa digunakan tanpa internet namun tetap bisa mengakses semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini kapan dan dimana saja.

Aplikasi ini juga mendukung untuk bisa menambahkan beberapa deskripsi pada barang yang sudah di input. Dan hasil yang dibuat nantinya bisa lebih akurat juga tepat, hal ini mempermudah untuk perusahaan juga.

5. Inventory Keeper

Aplikasi inventory berikut selain bisa digunakan untuk menjaga persediaan stok barang, aplikasi Inventory Keeper bisa juga digunakan untuk menambahkan, mengurangi, sampai bisa mencari stok barang. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam melakukan persediaan stok barang secara terorganisir.

Sehingga stok yang ada bisa tertata lebih rapi dan sesuai, dan hasil yang dibuat dari laporan inventory lebih mudah juga akurat.

6. Stock Controller – Inventories

Jika ingin memilih aplikasi ini untuk membantu dalam mengelola stok barang Stock Controller Bisa menjadi pilihannya. Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan seperti membuat gudang sesuai dengan jenis barang, mengelola persediaan barang, menginput foto ke dalam data, dan banyak lainnya.

Aplikasi ini mendukung untuk bisa digunakan beberapa user dalam satu aplikasi saja. Ini menjadi keunggulannya.

7. Simple Stock Manager

Bagi yang menyukai tampilan aplikasi sederhana dan user friendly, maka Simple Stock Manager bisa untuk dicoba. Walau sederhana, namun aplikasi ini menawarkan fitur yang lengkap dan menarik seperti stok dan inventaris, barcode, dan notifikasi saat stok barang rendah.

Dengan demikian laporan yang dibuat bisa menghasilkan data yang lebih akurat, tepat dan juga sesuai keinginan.

8. Inventory Management

Inventory Management menjadi salah satu aplikasi inventory yang menawarkan fitur utama seperti mencatat stok barang dari kebutuhan bisnis Anda. Keuntungan dari aplikasi ini yaitu Anda bisa melihat riwayat transaksi yang pernah dilakukan secara menyeluruh. Fitur ini juga berfungsi untuk meminimalisir kesalahan saat terjadi selisih stok dari barang keluar dan masuk.

Sehingga hal ini  menghindari kerugian perusahaan yang lebih besar, dan mudah mencari stok yang masih dibutuhkan.

9. Stock and Inventory Simple

Jika Anda sedang mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk menginput data barang secara mudah, maka aplikasi Stock and Inventory Simple menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini termasuk ke dalam salah satu aplikasi inventory gratis yang populer.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengatur stok barang dengan simple, efektif, dan efisien. Dan membantu untuk meminimalisir kesalahan untuk menghindari kerugian dengan cara yang akurat.

10. EStock : Stock Manager, Inventory Manager

Berikutnya aplikasi inventory barang yang bisa digunakan yaitu Estock. Dimana aplikasi ini memiliki tampilan dan fitur yang lebih modern jika dibandingkan dengan aplikasi lain. Aplikasi ini dapat mengatur stok barang secara efisien dan beberapa fitur seperti bisa menambahkan detail barang, dan fitur QR atau Barcode yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kode barang lebih cepat.

11. Smart Inventory System

Jika Anda saat ini ingin mendapatkan sebuah aplikasi inventory barang yang sudah didukung dengan teknologi canggih, maka Smart Inventory System menawarkan hal tersebut. Aplikasi ini memiliki fitur berbasis sistem barcode. Dengan fitur ini Anda bisa membuat item atau mencetak tag harga barang untuk dijadikan barcodenya.

Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam melakukan perubahan jumlah barang atau memeriksa stok barang dengan cepat.

12. Stock Count

Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung dan memeriksa stok barang secara cepat, mudah, dan akurat. Aplikasi ini bernama Stock Count, yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun karena adanya fitur barcode scanner yang sudah tersambung dengan kamera perangkat yang digunakan.

Dan data yang sudah Anda gunakan otomatis sudah bisa tersambung di layanan email. Dengan layanan ini, juga bisa melakukan manajemen ketersediaan stok barang dengan mudah.

13. Inventory Management App – Zoho Inventory

Inventory Management App – Zoho Inventory menjadi salah satu jenis aplikasi inventory barang yang bisa digunakan dengan mudah dan gratis.

Selain bisa digunakan untuk mencatat stok barang, juga bisa untuk membuat pesanan penjualan secara offline maupun online, melihat transaksi penjualan, serta menerima pembayaran melalui sistem online. Semua aktivitas ini bisa dilakukan dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja.

14. Household Register

Household Register yaitu sebuah aplikasi inventory barang yang bisa di install atau unduh dengan mudah dan gratis. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga bisa menggabungkan berbagai macam jenis produk yang sesuai dengan jenisnya. Dan, setiap barang yang dijual bisa diberikan label dan menyimpannya secara terorganisir.

Dan dengan aplikasi ini maka hasil laporan yang dibuat jauh lebih lengkap dan juga akurat.

15. Fakturama

Sesuai dengan namanya, salah satu kelebihan aplikasi Fakturama yaitu adanya kwitansi dan faktur. Kedua fitur ini berfungsi untuk digunakan sebagai barang bukti suatu transaksi yang dilakukan dan juga sebagai laporan data pembukuan untuk validasi yang tepat.

Sehingga hasil yang dibuat nantinya lebih terlihat akurat, tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.

16. Stock Inventory

Stock Inventory menjadi salah satu aplikasi inventory barang yang memungkinkan untuk bisa mengontrol keseluruhan data hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Keunggulan yang diberikan aplikasi ini juga sangat lengkap seperti persediaan stok, keberadaan barang, hingga informasi penjualan.

Dan juga mudah digunakan sehingga hasilnya cukup memuaskan untuk mengetahui stok barang yang ada di gudang.

17. Fishbowl Warehouse

Aplikasi ini cocok digunakan untuk mencatat persediaan barang di suatu restoran atau tempat makan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur unggulan seperti riset produk yang selama ini banyak disukai para konsumen dan yang memiliki jumlah peminat minim.

Dengan aplikasi ini semua data barang akan lebih mudah dipantau, ditata dan juga hasil laporan jauh lebih akurat.

18. Bhansali Inventory

Aplikasi satu ini berhasil dikemas secara menarik dan dilengkapi dengan banyak fitur yang akan memudahkan urusan bisnis. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat laporan secara rinci sampai urusan pajak dan sebagainya. Dan aplikasi ini juga bisa membantu untuk melakukan pengolahan stok barang yang akan dijual.

Sehingga stok yang minim juga masih bisa diketahui keberadaannya dengan mudah, tanpa harus Anda pusing mencarinya.

19. Inflow Inventory

Untuk Anda yang menyukai pekerjaan sederhana, mudah, dan cepat sehingga tidak butuh waktu lama, maka aplikasi ini cocok untuk dicoba. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, maka Anda sudah bisa melakukan berbagai jenis kegiatan bisnis seperti melacak biaya, mengatur pesanan, dan juga mengontrol keseluruhan stok barang yang tersedia.

Sehingga dengan mudah Anda mengetahui hasil laporannya lebih akurat dan juga cepat.

20. Vladovsoft Sklad

Aplikasi inventory barang satu ini bisa digunakan di laptop dengan mudah yang bernama Vladovsoft Sklad. Aplikasi ini bisa membantu untuk mengecek persediaan barang, mengelola toko dan memberikan tabel dengan mudah. Dan juga, bisa membantu Anda untuk membuat catatan penjualan dengan baik dan rinci

Sehingga hasil yang dibuat menjadi lebih sempurna, akurat dan tepat.

Nah, itulah bahasan mengenai 20 Daftar Aplikasi Inventory Barang Terbaik 2021, semoga bermanfaat.(*)