Kamis, 25 April 2024

Menkes Akui Indonesia Kebobolan di Jalur Laut, Masuk Batam Diperketat

Berita Terkait

batampos.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui bahwa pemerintah kebobolan saat Covid-19 varian Delta masuk ke Indonesia. Hal itu mengakibatkan tingginya angka kasus penularan.

Budi Gunadi mengatakan, Covid-19 varian Delta masuk ke Indonesia lewat pintu masuk di jalur laut. Sehingga pemerintah mengaku kecolongan akibat lemahnya pengawasan di pintu masuk tersebut.

“Kemarin kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya banyak kapal-kapal pengangkut barang dari India krunya saat mendarat diizinkan turun. Sehingga menular,” ujar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9).

Oleh sebab itu, mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku pemerintah tidak ingin lagi kecolongan dengan varian baru Covid-19 tersebut. Karena itu pintu-pintu masuk di Indonesia diperketat.

“Kita sudah lihat masuknya varian baru. Kalau ini tidak terjaga dengan baik di awal maka akan bisa sangat cepat menguasai landscape varian-varian yang ada,” katanya. “Dari laut banyak yang harus kita perbaiki khususnya di Batam,” tambahnya.

Budi menuturkan, upaya penjagaan di pintu-pintu masuk Indonesia salah satunya adalah dengan pemerintah menerapkan karantina bagi orang yang datang dari luar negeri.

“Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga border kita. Perbatasan kita pintu-pintu masuk kita, memperketat namanya entry dan exit test dan termasuk mendisplinkan proses karantina,” pungkasnya.(jpg)

Update