batampos.co.id – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku sampai saat ini pihaknya belum menerima surat presiden (Supres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Adapun Marsekal Hadi Tjahjanto bakal pensiun menjadi Panglima TNI pada November 2021 mendatang.

“Nanti pertama kita akan beritahu awak media kalau sudah sampai. Sampai hari ini belum ada,” ujar Dasco Gedung DPR, Rabu (15/9).

Dasco menuturkan, Presiden Jokowi tentunya punya pertimbangan yang matang sehingga surat mengenai pergantian Panglima TNI belum dikirimkan ke DPR.

“Presiden mungkin punya pertimbangan sendiri dan sudah ada aturannya bahwa ada limit waktu sebelum pergantian panglima,” katanya.

“Kalau presiden masih mencari nama yang tepat, berarti presiden masih mencari. Bagaimana bisa bocor ke kita?” sambungnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menduga, Presiden Jokowi sedang menghitung waktu yang tepat untuk mengirimkan nama calon Panglima TNI ini. Pasalnya DPR pada November 2021 nanti akan memasuki masa reses.

“Mungkin selain pertimbangan sendiri presiden menghitung waktunya. Nanti akan kita tunggu saja kalau sudah sampai awak media pasti dapat beritanya,” ungkapnya.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 itu mendatang. Hadi menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017 silam.

Saat ini, setidaknya ada dua kandidat yang bakal menjadi Panglima TNI. Mereka Adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa, dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Jika merujuk pada matra, saat ini giliran Angkatan Laut (AL) yang mendapat giliran memegang tongkat komando orang nomor satu di TNI.(jpg)