batampos.co.id – Pemerintah Provinsi Kepri mengusulkan pembangunan jalan bebas hambatan untuk mendukung pembangunan Jembatan Batam Bintan (Babin) lewat program pembiayaan dengan Compact Development Team (CDT).

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri, Rodiantari, mengatakan, jalan tersebut akan dirancang seperti jalan tol.

“Ada dua wilayah yang akan kita ajukan untuk pembangunan jalan bebas hambatan ini, yakni Batam dan Bintan,” ujar Rodiantari, belum lama ini di Tanjungpinang.

Mantan Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas PU Provinsi Kepri, tersebut menjelaskan, konsep jalan bebas hambatan tersebut mirip seperti jalan tol.

Adapun untuk wilayah Batam, jalan bebas hambatan yang dibangun adalah dari Jembatan Babin akan menghubungkan ke Bandara Hang Nadim, Batam.

Selain itu, jalan yang sama juga diusulkan untuk wilayah Bintan.

“Tentunya adalah dari titik Jembatan Babin di Bintan sampai ke KM 16. Selanjutnya juga akan dirancang sampai ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang,” jelas Rodi.

Ilustrasi. Pemprov Kepri berencana akan membangun jalan tanpa hambatan di Batam dan Bintan untuk mendukung jembatan Batam-Bintan. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Menurutnya, turunnya CDT dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk melihat kondisi lapangan.

Ditegaskannya, program pembangunan jalan bebas hambatan ini berbeda dengan pelaksanaan pembangunan Jembatan Babin yang menggunakan sistem KPBU.

“Untuk jalan ini tidak menggunakan sistem KPBU. Namun lewat kerja sama pembiayaan dengan CDT. Karena memang untuk mendukung Jembatan Babin tentunya harus ada jalan yang representatif. Karena Babin dikonsep jalan tol,” tutup Rodiantari.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad membenarkan ada wacana pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

Menurutnya dari Batam dan Bintan ada sekitar 108 km. Ditegaskannya, target besar sebelum itu dilaksanakan adalah wujudnya pembangunan Jembatan Babin.

“Jalan itu infrastruktur pendukung Jembatan Babin. Karena yang harus kita kejar pertama ini adalah pembangunan jembatannya. Saat ini kita terus melengkapi dokumen yang dibutuhkan,” ujar gubernur.(jpg)