batampos.co.id – Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) mengumumkan, seluruh bioskop di Indonesia akan beroperasi kembali hari ini, Kamis 16 September 2021 seiring dengan pembukaan PPKM berlevel secara bertahap. Pemerintah telah mengizinkan bioskop untuk beroperasi kembali daerah level 3, 2, dan 1.

“Seluruh bioskop seluruh Indonesia secara serentak besok,” kata Ketua GPBSI Djonny Syafruddin kepada JawaPos.com, Rabu (15/9).

Djonny mengatakan, bioskop yang bisa beroperasi tentunya adalah yang sudah mendapat izin dari pemerintah daerah (pemda) setempat. “Tapi, dengan catatan yang sudah diberi izin oleh pemda setempat. Contoh Jakarta sudah level 3, tapi belum dikasih izin. Jadi, beda-beda,” ungkapnya.

Adapun protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan di area bioskop sama dengan saat pemberlakuan PSBB dulu. Bedanya, saat ini protokol kesehatan diperketat dengan aplikasi PeduliLindungi. “Di lobi mal di-scan, di bioskop juga di-scan, jadi double,” ucapnya.

Djonny berharap, pemerintah terus konsisten pada setiap kebijakannya, karena kebijakan pemerintah sangat berdampak terhadap kelangsungan usaha, termasuk bioskop. Dia mengklaim, bioskop sendiri merupakan jenis usaha yang paling aman dan disiplin dalam menjaga protokol kesehatan Covid-19.

“Padahal paling aman bioskop. Makan memang belum boleh. Kami awasi dan kami patuhi. Sampai ke toilet juga ada pengawasan agar tidak terjadi penumpukan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sesuai arahan pemerintah, syarat untuk masuk bioskop yakni menunjukkan sertifikat vaksin (minimal dosis pertama) melalui aplikasi PeduliLindungi, berusia 12 tahun ke atas, dan maksimal kapasitas hanya 50 persen.(jpg)