batampos.co.id – Forum Zakat (Foz) Batam-Kepri membuka kesempatan bagi masyarakat yang tengah kesulitan dan membutuhkan uluran tangan, agar melapor sehingga berpeluang dapat bantuan. Adapun, seluruh lembaga zakat yang tergabung di Foz adalah lembaga zakat yang telah mendapatkan izin operasional dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri.

Mulai dari Rumah Zakat, DT Peduli, BMH, LMI, Yatim Mandiri, Dompet Dhuafa dan beberapa lembaga lainnya termasuk LAZ Batam.

Ketua Forum Zakat (Foz) Batam-Kepri, Syarifuddin, mengatakan, Foz adalah forum pengelola zakat yang ada di seluruh Indonesia, termasuk di Kepri. Dimana, Foz Batam-Kepri mempunyai 10 orang anggota yang 90 persennya berada di Batam.

Foz Batam Kepri, kata dia, hanya sebuah asosiasi. Foz tidak melakukan penghimpunan dan penyaluran zakat. Namun, yang menghimpun dan mengumpulkan adalah seluruh lembaga yang tergabung.

“Jadi, masyarakat yang ingin berzakat silakan ke lembaga zakat yang tergabung di Foz,” katanya kepada Harian Batam Pos, Kamis (16/9).

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan hingga dakwah, bisa menghubungi lembaga yang tergabung di Foz Batam Kepri.

“Terbuka untuk umum, silahkan ke lembaga mana saja. Mereka pasti punya programnya masing-masing. Asalkan sesuai dengan kriteria, yaitu masyarakat yang kurang mampu. Intinya di situ,” katanya.

Menurut Syarifuddin, Foz Kepri adalah rumah besar bagi pengelola zakat yang ada di Kepri. Baik itu lembaga zakat nasional yang punyai perwakilan di Kepri maupun lembaga zakat lokal seperti LAZ Batam dan sebagainya.

Ia menambahkan, seluruh lembaga zakat tersebut mempunyai tujuan yang sama. Yakni, bagaimana menghimpun dana zakat, infaq dan sedekah dari umat Islam di Kepri dan kemudian disalurkan dengan berbagai pemberdayaan.

“Tentu seluruh anggota Foz ini punya program masing-masing, tujuannya sama bagaimana zakat ini bisa termanfaatkan ke masyarakat sekitarnya,” imbuhnya. (*/jpg)