Rabu, 24 April 2024

7 Negara Siap Investasi Baterai Listrik di RI

Berita Terkait

batampos.co.id – Belum usai ingar bingar groundbreaking pabrik baterai listrik, Indonesia akan kedatangan investor selanjutnya. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal
(BKPM), Bahlil Lahadalia, memastikan bakal ada tujuh negara lagi yang siap masuk ke tanah air.

”Jadi, ini sekitar enam atau tujuh negara yang akan masuk ke Indonesia. Makanya, Indonesia akan kita jadikan sebagai negara pusat produsen baterai mobil,” ujarnya pada konferensi pers virtual, Jumat (17/9).

Meski belum mau memerinci siapa saja investor tersebut, dia memastikan ada dari Asia Tenggara, Asia, dan Eropa.

Salah satu yang dipastikan adalah proyek investasi antara konsorsium BUMN dan investor asal Tiongkok, Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL).

Jokowi mencoba mesin charger mobil listrik setelah groundbreaking pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat, kemarin. (AGUS SUPARTO/SETPRES)

Perusahaan tersebut sudah meneken kontrak investasi pada 2020
dan merealisasikannya tahun ini.

”Perkembangan sementara, CATL proses. Doain Insya Allah tahun ini sudah mulai groundbreaking,” katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (15/9) dilakukan groundbreaking pabrik industri baterai listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Proyek tersebut merupakan realisasi investasi konsorsium LG dan Hyundai yang terdiri atas Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis, dan LG Energy Solution. Pabrik itu menjadi pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia
maupun di Asia Tenggara.

”Kita patut bersyukur hari ini (Rabu lalu, red) bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan pertama di Asia Tenggara, dengan nilai investasi USD 1,1 miliar,” tutur Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan, langkah itu dilakukan dalam rangka
melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor.

Dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, diharapkan nilai tambah ekonomi semakin tinggi.

”Saya yakin, dalam 3 sampai 4 tahun ke depan, melalui manajemen pengelolaan yang baik, Indonesia bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel,” tegasnya.

Bahlil menargetkan sekitar bulan depan ada penandatanganan kontrak investasi dengan salah satu negara di Asia Tenggara.

Meski, dia masih merahasiakan investor tersebut. Ditanya apakah Tesla ikut berinvestasi ke Indonesia, Bahlil menyatakan bahwa
urusan itu ditangani langsung oleh Kemenko Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) yang dikomandoi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dia mengungkapkan bahwa bukan tanpa sebab berbagai negara mulai membuka diri ke Indonesia. Salah satu alasannya, kini tidak ada lagi ”tukang palak”.

”Kami permudah izin. Tidak ada lagi tukang palak. Tidak ada lagi saham kosong. Tidak ada lagi maksud tertentu,” katanya.

Dengan berbagai negara yang sudah menyatakan kesiapan mereka, Indonesia digadang-gadang akan menjadi negara pusat produsen baterai mobil dunia.

Keyakinan itu bukan tanpa alasan. Kenyataannya, hampir 26 persen cadangan nikel dunia berada di Indonesia.

Bahlil membayangkan, pada masa mendatang, Indonesia seharusnya bisa menjadi negara besar untuk produksi berbagai komponen kendaraan listrik.(jpg)

Update