Jumat, 19 April 2024

Kota Batam Deklarasikan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah

Berita Terkait

batampos.co.id – Kota Batam mendeklarasikan Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah bersempena dengan puncak peringatan World Clean Up Day 2021 di Halaman Kantor Camat Sagulung, Sabtu (18/9/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, menyambut baik komitmen bersama mewujudkan Batam yang lebih bersih ke depan.

Terlebih, lanjut dia, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, menaruh perhatian yang lebih tentang hal ini guna mendukung Batam sebagai kota pariwisata dan investasi.

“Pak wali memperhatikan ini secara seksama. Luar biasa, sekarang wajah Batam sudah banyak berubah, semakin indah. Infrastruktur terus dikembangkan,” ujarnya.

World Clean Up Day 2021 hendaknya dimaknai sebagai momentum membangun kesadaran kolektif akan kebersihan.

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina (tengah) berfoto bersama para Camat di Kota Batam saat mendeklarasikan Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah bersempena dengan puncak peringatan World Clean Up Day 2021 di Halaman Kantor Camat Sagulung, Sabtu (18/9/2021). Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

Menariknya, peringatan kali ini diseiringkan dengan gerakan yang dapat mendatangkan manfaat secara ekonomi.

Hal ini diharapkan menjadi titik balik meraih kembali penghargaan Adipura, seperti yang pernah didapatkan dulu saat Jefridin bertugas di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam.

“Kalau pak camat, lurah hingga ke RTRW sudah turun dan diikuti masyarakat, Batam ini akan semakin bersih. Mari kita jemput semangat pak wali, agar Batam tetap indah,” ajaknya.

Wali Kota, lanjut Jefridin, kerap memberikan gambaran setiap berkegiatan bahwa Batam dianugerahi keunggulan dari sektor jasa. Untuk itu, Batam yang aman, nyaman dan bersih harus tetap terjaga.

“Kalau sudah nyaman, aman dan bersih orang dan investor akan ramai ke Batam,” ujarnya.

Ketua PKK Kota Batam yang juga Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, berharap deklarasi harus terus diwujudkan dalam komitmen yang berkelanjutan.

Sebagai, Pmbina Bank Sampah Kota Batam, Marlin menyambut baik perihal komitmen yang digagas DLH Batam ini.

“Mari kita tingkatkan kepedulian kita terhadap kebersihan,” ujar dia.

Secara khusus, Marlin mendorong kaum ibu untuk dapat terlibat aktif memilah sampah dari rumah.

Menurutnya, kegiatan pemilahan sampah yang selanjutnya akan dibawa ke Bank sampah, juga merupakan salah satu program pokok PKK Batam.

“Saya melihat ada semangat yang luar biasa. Mudah-mudahan Batam dapat menjadi contoh untuk daerah lain,” katanya.

Sejatinya, kata Marlin, sejak 2017 lalu sudah banyak bank sampah yang pihaknya sudah bentuk. Totalnya lebih dari 200 Bank Sampah. Namun yang aktif 100 lebih.

“Sekarang mari kita tingkatkan lagi. Saya saja bapak ibu, di rumah ikut memilah sampah. Ada 8 jutaan juga hasilnya. Ayo bersama wakil gubernur, bapak ibu ikut pilah sampah,” ajaknya.(*/esa)

Update