batampos.co.id – Tindak kriminalitas seperti jambret dan begal kembali marak terjadi. Seperti di wilayah Seitemiang, Sekupang, masyarakat melaporkan kembali melihat
sekelompok remaja berada di lokasi dengan membawa senjata tajam.

Wakasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Juwita Oktaviani, mengatakan, untuk mengantisipasi kejahatan jalanan ini, pihaknya kembali menempatkan patroli khusus di lokasi rawan kejahatan seperti lokasi di sekitar Seitemiang tersebut.

“Untuk jumlah personel patroli pada malam hari ini akan ditingkatkan. Sehingga, masyarakat akan lebih merasa aman,” ujar Juwita, kemarin.

Juwita menambahkan, patroli khusus ini akan ditempatkan di lokasi seperti di Seiladi, Jalan Diponegoro, Seitemiang, hingga wilayah Seibeduk dan Batuaji. Kemudian, patroli juga menyasar kawasan ramai seperti di wilayah Nagoya.

“Titik-titiknya sudah ada dan kami petakan. Nanyi ada personel khusus yang berada di lokasi rawan itu,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Seperti, tidak berkendara seorang diri pada malam hari, dan tidak menggunakan tas dan perhiasan yang mencolok dan mengundang aksi kejahatan.

“Tetap waspada. Dan jangan bermain ponsel saat berkendara. Itu akan mengundang niat pelaku,” katanya.

Informasi yang beredar, pelaku begal kembali berkeliaran di sekitar wilayah Seitemiang mengintai pengendara yang melintas di malam hari.

Sudin, pekerja tambal ban di Jalan Diponegoro, menuturkan, sepekan belakangan ini banyak kelompok remaja hingga pemuda yang berkeliaran di sepanjang Jalan Diponegoro hingga Marina City di malam hari.

Kelompok ini sering melakukan aksi balap liar dan konvoi.

“Kadang mereka trek-trekan. Banyak juga pengendara yang mengaku dikejar-kejar sama mereka. Katanya mau dibegal,” ujar Sudin, kemarin.(jpg)