batampos.co.id – Batam menjadi barometer utama penanganan Covid-19 statusnya memang benar sudah kuning menuju hijau. Hal ini dibenarkan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Menurutnya, status kuning itu muncul karena jumlah kasus Covid-19 terus menujukan tren penurunan.

Bahkan, beberapa kecamatan saat ini juga sudah masuk zona hijau. Disebut, tren penurunan jumlah kasus Covid-19 di Kota Batam ini tentunya terus diharapkan. ”Ini kita harus bersyukur. Kita minta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan meskipun jumlah kasus menurun,” katanya, Senin (20/9).

Data terbaru menunjukkan, pada 20 September 2021, kasus baru positif Covid-19 berada di angka 7 orang. Sedangkan pasien sembuh 16 orang dan meninggal 1 orang. Data yang disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Batam, Azril Apriansyah.

Dari 12 kecamatan yang ada di Kota Batam sudah ada tiga yang berstatus zona hijau yakni Kecamatan Belakangpadang, Kecamatan Bulang, dan Kecamatan Batuampar. Pihaknya berharap kecamatan-kecamatan lainnya dapat segera kembali zona hijau.

”Sekupang sudah bewarna oranye kalau kemarin masih merah. Batam Kota juga sudah kuning. Ini artinya tingkat pasien dalam perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri sudah berkurang,” jelas Azril.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengajak masyarakat untuk sama-sama berkomitmen, terapkan protkes dan melakukan vaksinasi Covid-19 bagi yang belum divaksin. Jika semua bersatu menjalankan kebijakan pemerintah, Kepri khususnya Batam bisa bangkit kembali.

”Mari kita bersama-sama melawan Covid-19 ini, agar pemulihan ekonomi kembali berjalan. Disiplin prokes dan yang belum vaksin segera vaksin,” pesan Azril.

Data Covid-19 di Kota Batam sampai 20 September 2021, jumlah kasus positif tercatat sebanyak 25.734 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 24.830 dinyatakan sembuh dan 833 orang meninggal dunia. Sementara sisanya hanya 71 orang masih menjalani perawatan. (*/jpg)