batampos.co.id – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam kembali membuka layanan Eazy Passport.

Layanan ini dilakukan dengan menjemput bola atau mendatangi masyarakat di Kota Batam yang mengajukan pembuatan paspor di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi, Eazy Passport adalah layanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi dan di lokasi yang diajukan pemohon layanan,” ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Tessa Harumdila, kemarin.

Ia melanjutkan, pelayanan Eazy Passport dapat diberikan kepada perkantoran Pemerintah/TNI/POLRI/BUMN/BUMD/Swasta; Institusi pendidikan(sekolah/pesantren/asrama); Komunitas/organisasi; dan Komplek perumahan/apartemen.

Dimana, dalam layanan Eazy Passport ini, Imigrasi melayani pembuatan paspor baru dan penggantian.

“Layanan ini tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak,” katanya.

Eazy Passport ini, sambung Tessa, dinilai memiliki banyak keunggulan. Pertama, sudah tentu aman karena petugas menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kemudian, Eazy Passport ini juga cepat karena petugas Imigrasi yang langsung mendatangi pemohon pada lokasi yang telah ditentukan pemohon, lalu pelayanan dan pembayaran juga dapat dilakukan secara kolektif.

Terakhir, lebih mudah karena pemohon yang ingin mendapatkan layanan Eazy Passport bisa menghubungi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam di nomor 0813-6470-0070 atau mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada kepala kantor Imigrasi secara langsung atau melalui email Kantor Imigrasi Batam.

“Untuk jadwal layanannya ditentukan oleh Kantor Imigrasi setempat dan dilayani di hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Untuk biayanya sendiri, paspor biasa Rp 350 ribu dan paspor elektronik Rp 650 ribu,” imbuhnya.(