batampos.co.id – Kasus Covid-19 di Batam terus menurun dan melandai, namun status Kota Batam hingga saat ini masih berada di level tiga. Hal ini berdampak pada ketentuan berkunjung atau masuk wilayah Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, juga telah mengeluarkan edaran terbaru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) di Kota Batam yang masih ditetapkan sebagai level 3.

Penetapan tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada Senin (20/9/2021).

Dalam surat edaran Wali Kota Nomor 53 Tahun 2021, ketentuan berkunjung atau masuk ke Batam, dengan status Batam masih level tiga, maka mau tidak mau tetap harus menggunakan surat hasil negatif Covid-19 berdasarkan hasil uji PCR di klinik atau faskes yang direkomendasikan pemerintah.

”Kita maunya hanya pakai antigen, namun karena status masih level tiga, maka mau tak mau masuk Batam harus tetap pakai PCR untuk jalur udara,” tegas Wali Kota Muhammad Rudi.

Seperti diketahui, pemerintah pusat kembali memperpanjang penerapan PPKM level 3 di Provinsi Kepri. Perpanjangan masa PPKM level 3 tersebut dimulai 21 September 2021 sampai 4 Oktober 2021 mendatang. Keputusan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 Tahun 2021 tentang PPKM level 3-1.(*/uma)