batampos.co.id – Sebagai salah satu pilihan investasi, S&P 500 memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya pantas untuk masuk ke portofolio investasi Anda.

Semua kelebihan ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan dana yang diinvestasikan.

Ada banyak platform yang memungkinkan Anda untuk melakukan investasi ini. Anda bisa investasi index S&P 500 lewat Pluang misalnya, yang merupakan aplikasi terpercaya.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya kenapa Anda harus melirik jenis investasi ini, simak penjelasan berikut.

S&P 500 Terdiri dari Perusahaan Mapan

Perlu diketahui bahwa perusahaan-perusahaan yang ada di sini merupakan perusahaan dengan kapitalisasi yang besar.

Beberapa di antaranya adalah Facebook, Amazon, dan Tesla di mana semuanya merupakan perusahaan mapan yang jauh dari kebangkrutan.

Hal ini tentunya berbeda dengan reksadana atau jenis investasi saham lain yang bisa jadi penyalurannya ke perusahaan dengan kapitalisasi kecil.

Alasan lain mengapa semua perusahaan ini terlihat mampu menghadapi berbagai tantangan ekonomi juga karena sifat mereka yang terus berinovasi.

Hal ini terlihat jelas pada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi seperti Google dan Apple.

Dua perusahaan ini tidak hanya memiliki penggemarnya sendiri, mereka juga terus berinovasi dan mengembangkan produk sehingga orang akan terus menggunakan produk mereka.

Oleh karenanya, investasi ini cocok untuk tabungan jangka panjang karena keberlangsungan perusahaan yang mapan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan investasi ini pilihan untuk simpanan jangka menengah karena likuiditas yang tinggi.

Menjadi Tolok Ukur Portofolio Investasi Anda

Ada beberapa alasan kenapa banyak investor yang menggunakan S&P 500 sebagai tolok ukur portofolio investasi.

Alasan pertama yaitu karena perusahaan yang berada dalam Standard & Poor 500 ini merupakan perusahaan besar yang memainkan peran penting dalam perekonomian di Amerika.

Alasan selanjutnya yaitu karena ada pembaruan indeks setiap tiga bulan. Ada sebuah komite di Amerika yang bertugas untuk memperbarui indeks ini, Jadi mereka akan mengevaluasi kelayakan finansial perusahaan-perusahaan sebelum memasukkan mereka dalam indeks S&P 500.

Hal ini membuat para investor makin yakin bahwa perusahaan tempat mereka berinvestasi adalah perusahaan yang sehat secara finansial dan kinerja.

Pilihan Investasi Jangka Panjang

Jika Anda mencari jenis investasi jangka panjang, maka S&P 500 adalah jawabannya. Hal ini karena sustainabilitas atau kemampuan finansial dari perusahaan di dalamnya untuk bertahan dalam waktu lama.

Kita ambil saja contoh Netflix. Perusahaan ini memiliki nilai yang makin besar dari tahun ke tahun karena usahanya yang tidak hanya mapan, melainkan juga berkembang. Jadi, nilai investasi Anda di perusahaan ini pun akan ikut berkembang.

Sisihkan dana Anda untuk berinvestasi di indeks S&P 500, lalu tunggu 10 tahun ke depan. Niscaya nilainya juga akan makin berkembang. Apalagi semua perusahaan yang tergabung di dalamnya menghasilkan produk yang bisa dikembangkan dan memang dibutuhkan orang banyak.

Cocok untuk Tabungan Pensiun

Sebagaimana yang disebutkan dalam poin sebelumnya, bahwa investasi ini cocok untuk jangka panjang.

Hal ini juga yang menjadikan S&P 500 cocok untuk dijadikan persiapan masa pensiun. Anda cukup memasukkan dana Anda saat ini lalu tunggu perkembangan nilainya pada 10 atau 15 tahun kemudian.

Walaupun memang semua investasi pasti memiliki risiko, namun kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi ini lebih besar karena diversifikasi industrinya.

Perlu diingat bahwa pada dasarnya dalam indeks S&P 500, jika Anda memasukkan dana awal lebih banyak dan menahan dana dalam periode yang lebih lama, maka keuntungannya bisa lebih besar dari return tahunan.

Tentunya diversifikasi portofolio investasi Anda juga tetap penting. Intinya, jangan sampai Anda menempatkan semua uang pada satu jenis investasi.

Hal ini sebagai langkah untuk memperkecil dampak jika ada salah satu investasi yang tidak menghasilkan dengan baik. Adapun Anda bisa mengalokasikan dana pada obligasi atau reksadana sebagai pilihan diversifikasi portofolio selain S&P 500.

S&P 500 Memungkinkan Anda Berinvestasi di Berbagai Sektor Sekaligus

Indeks S&P 500 mencakup 70% dari pasar saham di Amerika Serikat. Dengan berinvestasi pada indeks ini, Anda akan terekspos pada berbagai industri dan tidak hanya pada satu perusahaan saja sebagaimana investasi saham biasa.

Kalau dilihat, saat ini memang kebanyakan perusahaan utama di indeks S&P 500 bergerak di sektor teknologi informasi, seperti Amazon, Google, dan Facebook.

Jadi investasi ini memang cocok bagi Anda yang tertarik dengan dunia teknologi informasi, karena Anda bisa rutin mengikuti perkembangan kinerja perusahaan-perusahaan ini.

Misalnya, Anda investasi index S&P 500 lewat Pluang, Anda cukup membeli satu produk dan dana Anda sudah bisa diinvestasikan ke perusahaan Standard & Poor 500 yang bergerak di berbagai sektor. Oleh karenanya, jika Anda bingung sektor mana yang paling menguntungkan, maka investasi ini bisa jadi pilihan.

Dari 5 alasan di atas, pastinya ada satu atau lebih yang menjadi tujuan investasi Anda. Walaupun investasi ini terkesan mapan dan aman, namun Anda tetap harus mempelajarinya dulu sebelum berinvestasi. Jangan sampai Anda mengambil keputusan jual beli yang salah dan mengakibatkan kerugian.

Simak juga informasi lainnya yang disajikan oleh Pluang mengenai indeks S&P 500.

Tidak hanya informasi yang bersifat edukatif, Anda bisa terus update dengan harga terkini dan bisa menghitung perkembangan nilai investasi dengan kalkulator yang disediakan. Pastinya, proses investasi Anda akan menjadi lebih mudah menggunakan platform ini.(*)