batampos.co.id – Jumlah pasien dan sampel pemeriksaan Covid-19 terus menurun dalam sebulan belakangan ini. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji contohnya, saat ini hanya merawat dua sampai tiga pasien saja per hari.

Begitu juga dengan lokasi pemakaman umum Seitemiang, jenazah korban Covid-19 mulai menurun di angka 0 jenazah per hari.

”Kalaupun ada, paling satu jenazah per hari. Tapi belakangan sudah sering kosong (tak ada jenazah korban Covid-19, red),” ujar Sekretaris Yayasan Khairul Umma, Zailani, pengelola pemakaman muslim di TPU Seitemiang.

Sama halnya dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP). Saat ini, ada penurunan jumlah sampel yang cukup drastis di tempat pemeriksaan sampel Covid-19 ini.

Dalam sepekan belakangan, rata-rata sampel yang masuk per hari di angka 50-an sampel. Padahal, bulan-bulan sebelumnya masih di angka 300 hingga 600 sampel.

”Kebanyakan sampel dari PMI. Kalau masyarakat Kepri
umumnya paling 20-an sampel per hari,” ujar Kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa, kemarin.

Penurunan ini hendaknya menjadi motivasi yang baik bagi seluruh elemen masyarakat agar tetap membiasakan pola hidup sehat dengan tetap memaksimalkan penerapan aturan protokol kesehatan.

Pemerintah melalui Gugus Tugas, TNI dan Polri tetap bekerja maksimal untuk menuntaskan masalah Covid-19 ini.

Terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan
apresiasi terhadap capaian vaksinasi Covid-19 di Kepri,
khususnya Kota Batam. Karena capaiannya tertinggi jika dibandingkan daerah lainnya di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat kegiatan Vaksinasi Merdeka Serentak melalui virtual. Presiden Jokowi meminta agar vaksinasi terus dilakukan hingga capaiannya di seluruh Indonesia minimal 70 persen
masyarakat yang divaksin.

”Kepri memang yang termasuk tertinggi, habiskan vaksin yang ada saat ini. Kalau kurang nanti saya tambah,” kata Jokowi, Rabu (22/9/2021).

Jokowi juga meminta meskipun capaian vaksinasi sudah tinggi di Kepri, protokol kesehatan harus terus dilakukan. Pihaknya meminta agar masyarakat tidak kendor dalam menjalankan protokol kesehatan.

”Gunakan selalu masker, jalankan terus protokol kesehatan,” pesannya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, capaian vaksinasi di Kota Batam saat ini sudah 79 persen. Pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan terus melakukan vaksinasi hingga dapat mencapai 100 persen.

Rudi juga menyambut baik Presiden Jokowi yang mem-
berikan perhatian kepada Kepri. Terutama akan menambah pasokan jumlah vaksin di Kepri, hal ini tentu diharapkan dapat mempercepat vaksinasi.

”Tadi arahan Presiden vaksin tidak boleh disimpan, kalau kurang akan ditambah. Mudah-mudahan ini dapat
mempercepat vaksinasi di Batam dan Kepri,” kata Rudi
di Maha Vihara Duta Maitreya.

Turut hadir dalam pengarahan Presiden Jokowi secara
virtual dalam rangka vaksinasi merdeka serentak, Wakil
Gubernur Kepri, Forkopimda Kepri, Forkopimda Kota Batam dan mahasiswa dari GAMKI Kepri.(jpg)