batampos.co.id – Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung (Humprohub) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kepulauan Riau, Hasan, mengatakan dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Kepri ke-19, 24 September 2021 nanti Pemprov Kepri akan melaksanakan berbagai kegiatan.

Diawali dengan upacara di gedung daerah hingga pelaksanaan program vaksinasi dalam upaya mempercepat terciptanya imunitas kolektif. ”Hari jadi Kepri ke-19 ini syarat dengan makna dan sangat bersejarah bagi masyarakat Kepri. Dan sudah seharusnya kita maknai dengan benar dan kita peringati dengan penuh hikmat,” kata Hasan, Rabu (22/9).

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemprov Kepri meliputi upacara di halaman gedung daerah, kemudian dilanjutkan dengan pemberian beberapa penghargaan, penyerahan bantuan sosial dan peresmian beberapa proyek strategis di Kepri.

Setelah itu dilanjutkan lagi dengan pelaksanaan sidang paripurna istimewa peringatan HUT Kepri ke-19 di ruang sidang kantor DPRD Kepri di Dompak.

”Setelah upacara dan sidang paripurna, gubernur bersama wakil gubernur juga akan melakukan ziarah, tabur bunga dan doa di makam para pejuang pembentukan Provinsi Kepri yang ada di Tanjungpinnag,” ujar Hasan.

Beberapa makam yang akan diziarahi, lanjut Hasan lagi meliputi Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Batu 5 bawah, kemudian TPU Pohon Lanjut Gudang Minyak, TPU Taman Bahagia Bukit Cermin dan TPU Batu 7.

Keesokan harinya, Sabtu (25/9) gubernur juga akan melaunching vaksinasi bagi ibu hamil sempena pekan vaksinasi hari jadi Provinsi Kepri ke-19 di RS Ahmad Tabib, KM 8 Atas, Tanjungpinang. Di mana vaksinasi akan dioptimalkan di hari jadi.

”Sesuai amanah gubernur, hari jadi Kepri ini agar diisi dengan program vaksinasi. Tujuannya untuk menggesa percepatan penyelesaian program vaksinasi di Kepri. Karena ini adalah cara paling efektif membentengi masyarakat dari virus Covid-19. Jika seluruh masyarakat sudah di vaksin pemerintah juga akan lebih leluasa menjalankan program kerja,” terang Hasan.

Sempena hari jadi Kepri ke19 tahun ini, lanjut Hasan, gubernur berterimakasih kepada seluruh masyarakat Kepri yang berdomisili di mana saja, termasuk para tokoh masyarakat, beberapa gubernur di Indonesia, bupati, wali kota dan sebagainya yang sudah memberikan ucapan peringatan untuk Hari Jadi Kepri ke-19 ini.

Bahkan, lanjutnya lagi, ada ucapan juga dari Kedubes atau Konjen, dari para kepala instansi vertikal, dari para mantan Pj dan Plt Gubernur yang pernah menjabat di Kepri hingga organisasi pers yang ada di Kepri.

”Kita berterimakasih atas semua ucapan yang disampaikan. Hal ini artinya semua unsur masyarakat peduli dan cukup antusias membangun Kepri. Dan ucapan dari kepala daerah lain yang kita terima menandakan Kepri cukup dikenal di Indonesia,” kata Hasan.(*/jpg)