batampos.co.id – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, ekonomi Indonesia sudah kembali bangkit. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan, terdapat bukti-bukti positif meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sri Mulyani menyebut, bukti ekonomi RI mulai pulih terlihat dari aktivitas ekonomi berangsur membaik sejak Agustus dan diperkirakan meningkat sampai akhir tahun. Peningkatan aktivitas ekonomi berdampak pada konsumsi masyarakat yang mulai menunjukkan peningkatan setelah kebijakan pelonggaran PPKM.

Sri Mulyani melihat, dari sisi konsumsi maupun produksi, ekonomi RI cukup mampu bertahan meski sempat dihantam pandemi Covid-19. Bahkan, Sri Mulyani Indrawati memprediksi ekonomi RI bisa tumbuh di kisaran 4-5 persen pada September alias kuartal III 2021.

“Ini memberikan optimisme kepada kita untuk pertumbuhan ekonomi kita bisa meningkat,” ujarnya dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (23/9).

Meskipun demikian, lanjutnya, momentum tersebut harus terus dijaga. Caranya adalah dengan tetap disiplin protokol kesehatan, akselerasi vaksinasi, serta menambah fasilitas kesehatan agar memadai.

Menurutnya, itu semua akan memberikan dampak signifikan bagi pemulihan ekonomi. “Ini memberikan dampak positif yang sangat nyata,” pungkasnya.(jpg)