Jumat, 29 Maret 2024

Tracing dari Rumah ke Rumah Libatkan TNI-Polri

Berita Terkait

batampos.co.id – Untuk semakin mempercepat tracing kontak erat pasien positif Covid-19 di Kepri, Pj Sekretaris Daerah, Lamidi, mengatakan bahwa Gubernur bersama dengan Kapolda Kepri dan Danrem 033/WP sudah bersepakat untuk membentuk satuan relawan di masing-masing kecamatan.

Satuan relawan tersebut berjumlah tiga orang yang terdiri dari aparat TNI-Polri dan tenaga puskesmas. Tugas dari satuan relawan adalah melakukan tracing dari rumah ke rumah sekaligus memasukkan data tracing ke aplikasi SiLacak.

ā€Jadi ini untuk memantapkan lagi tracing kita, nanti kita juga akan memberikan mereka intensif transportasi selama tiga bulan sampai dengan Desember,ā€ sebut Lamidi.

Dengan penentuan asesmen level daerah yang akan ditetapkan pada 4 Oktober mendatang, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap kepada seluruh kepala daerah dapat bekerja lebih maksimal lagi untuk melakukan perbaikan di sektor-sektor yang menjadi catatan.

ā€Paling tidak tanggal 4 (Oktober) nanti minimal seluruh kabupaten dan kota sudah turun ke level 2, itu minimal, lebih bagus lagi jika sudah ada yang turun ke level I,ā€ kata Ansar Ahmad.

Baca Juga: Upayakan PPKM Turun ke Level 2, Tracing dari Rumah ke Rumah

Diberiatakan sebelumnya, Pemprov Kepri mempersiapkan langkah-langkah penurunan level PPKM di kabupaten dan kota di Kepri.

ā€Sampai tanggal 24 September 2021, seluruh kabupaten dan kota di Kepri berada di PPKM level 3. Kita bertekad bersama turun level bersama,ā€ ujar Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat memimpin Rapat Koordinasi Penurunan PPKM di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (23/9) malam.

Ansar menambahkan, jika dilihat angka kasus positif harian, angka keterisian rumah sakit, dan angka kematian, sudah menunjukkan penurunan yang drastis. Jadi beberapa Kabupaten dan Kota seharusnya sudah turun ke level 2 atau level 1. ā€Tapi kena di-tracing itu tadi,ā€ kata Ansar.

Pada rapat yang dihadiri Bupati/Wali Kota dan Forkopimda Kepri secara virtual ini, Tjetjep Yudiana, Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Kepri, sekaligus ahli epidemiologi menjelaskan, ada dua komponen utama yang menjadi asesmen levelisasi Covid-19 oleh pemerintah pusat.(*/jpg)

Update