batampos.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, mengingatkan agar tim Satgas Covid-19 Kota Batam tetap memperketat pengawasan aktivitas masyarakat saat ini. Sebab, ia melihat pergerakan masyarakat sudah mulai leluasa melakukan apa saja tanpa protokol kesehatan (protkes) yang ketat.

Menurut Aman, mulai longgarnya pelaksanaan protkes ini karena masyarakat melihat laporan kasus Covid-19 harian yang dikeluarkan oleh Tim Satgas Covid-19 Kota Batam dan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit yang sudah sangat jauh menurun.

”Jadi, masyarakat berpikir Covid-19 ini sudah mau selesai. Kondisi masyarakat itu sudah berangsur sudah mulai normal. Pembatasan yang dilakukan oleh tim satgas juga sudah mulai longgar,” kata Aman.

Mulai longgarnya pengawasan ini tentunya akan menjadi salah satu penyebab Kota Batam masih berstatus PPKM level 3. Untuk itu, ia kembali meminta dalam penerapan PPKM level 3 hingga 4 Oktober mendatang, Tim Satgas Covid-19 Kota Batam tetap melakukan pengetatan agar Kota Batam dapat turun ke PPKM level 2.

”Tentu jangan lupakan mekanisme dan tahapan yang dianjurkan pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19 ini,” imbuhnya.

Kepada masyarakat Kota Batam, Aman menambahkan, jika ada kelonggaran dari pemberlakuan PPKM level 4 ke PPKM level 3 saat ini bukan untuk disyukuri. Namun, masyarakat harus tetap disiplin menjaga protkes pencegahan Covid-19. ”Jangan euforia. Kelonggaran bukan berarti membebaskan untuk interaksi yang tidak terkendali,” tuturnya. (jpg)