batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali mengunjungi Batam, 28 September besok. Kali ini, agendanya terkait perbaikan ekosistem lingkungan berupa penanaman mangrove di Pulau Setokok, Bulang, Batam.

”Agenda Presiden ke Setokok dalam rangka penanaman mangrove di kawasan tersebut,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, di Tanjungriau, Minggu (26/9).

Namun, untuk pelaksanaan, Rudi mengatakan, merupakan domain Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri. Sedangkan Batam hanya menyediakan lokasi penanaman. Rudi menjelaskan, dipilihnya Setokok untuk lokasi penanaman mangrove karena untuk pemulihan lingkungan. Di sana kondisi mangrove-nya diketahui sudah cukup memprihatinkan, karena sudah tidak ada hutan mangrove (bakau) lagi.

Menurutnya, meskipun kota sudah tidak bisa dilakukan hal seperti itu, untuk kawasan Rempang, Galang harus tetap dijaga. Itu sebabnya, pemerintah daerah dan pusat terus berupaya memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi.

”Penanaman mangrove ini diharapkan bisa membuat ekosistem laut menjadi lebih baik. Jika banyak mangrove, maka akan berpengaruh terhadap ekosistem laut di wilayah tersebut,” ujar Rudi.

Beberapa waktu lalu, Rudi mengungkapkan ada pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ter- kait perbaikan ekosistem lingkungan, dan Batam menjadi salah satu kota yang dipilih untuk dilakukan gerakan penanaman mangrove ini.

”Untuk itu, Pak Presiden datang dan melakukan penanaman, dan menandai pemulihan kerusakan lingkungan. Kawasan ini harus dijaga, jangan sampai rusak, karena akan berdampak terhadap ekosistem laut dan lainnya,” beber Rudi.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengikuti rapat koordinasi persiapan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Provinsi Kepri. Selain menanam mangrove di Pulau Setokok, Jokowi juga akan melepas burung elang sebagai simbol pentingnya menjaga ekosistem lingkungan, agar flora dan fauna tetap lestari.

Di tempat terpisah, Camat Bulang, Nasrun, memastikan persiapan menyambut kunjungan Presiden Jokowi di Kelurahan Setokok, Selasa (28/9) besok sudah dipersiapkan secara baik. Pemko Batam bersama jajaran TNI dan Polri setempat telah melakukan rapat koordinasi terkait rencana kunjungan presiden tersebut.

”Iya, salah satu agendanya penanaman mangrove di Pulau Setokok. Ini kami lagi bahas bersama pihak kepolisian dan TNI,” ujar Nasrun.

Dijelaskan Nasrun, sesuai informasi yang diterimanya, Presiden dan rombongan rencananya akan melakukan penanaman mangrove di Setokok, tepatnya di pinggir pantai Setokok dengan luas sekitar 15 hektare.

Terkait kondisi hutan bakau di wilayah Kecamatan Bulang, Nasrun belum sempat berkomentar banyak. Sebab dia mengaku masih ada sejumlah rapat yang harus dijalankan sepanjang hari kemarin.

Namun, ia memberikan gambaran secara umum, hutan bakau di Bulang masih banyak yang terjaga dengan baik. Di beberapa bagian, seperti Pantai Setokok memang masih butuh perbaikan untuk menjaga ekosistem agar tetap lestari. (*/jpg)