batampos.co.id – Ribuan peserta seleksi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di lingkungan pemerintah Kota Batam masih menunggu hasil ujian yang digelar tanggal 14-18 September lalu.

Pelaksanaan ujian ini meliputi ujian kompetensi teknis, manajerial sosio kultural (MSO) dan wawancara. Peserta yang bisa menyelesaikan soal dengan baik, berpotensi diangkat menjadi PPPK dengan kontrak lima tahun ke depan.

Yuliardi Iqbal, salah seorang peserta menuturkan, ujian digelar di beberapa sekolah seperti SMAN 1 dan 3 Batam, dan SMKN 1 Batam. Ujian digelar dalam tiga tahap. Mereka yang tidak lolos saat ujian tahap pertama, bisa mengikuti ujian seleksi berikutnya.

”Kalau gagal masih ada kesempatan untuk mencoba lagi. Kemarin saya pilih salah satu SMPN di dekat Piayu. Untuk soal Teknis 100, MSO 45, wawancara 10. Ada passing grade-nya juga. Setiap mata pelajaran dan passing grade berbeda-beda,” ujarnya.

Pria lulusan UNRIKA ini mengaku, masih menunggu hasil ujian keluar. Menurut informasi, pengumuman akan dikeluarkan dalam waktu dekat ini. Ia berharap bisa lolos seleksi dan diterima sebagai tenaga PPPK. Selain itu, seleksi PPPK ini bisa menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan jenjang karir.

”Kalau lolos sangat senang tentunya. Karena ini kesempatan bagus, karena untuk guru tidak ada lagi PNS, jadi kami tenaga honorer ini sangat berharap bisa lolos dan diangkat menjadi PPPK. Semoga lolos, kalau tidak nanti coba lagi kalau ada formasi yang masih kosong dekat dengan tempat tinggal, kalau misalnya jauh, sepertinya saya tidak ikut lagi,” ungkapnya.

Kepala BKN Batam, Delpa Nopri Kasmi, mengatakan, pelaksanaan ujian PPPK non guru akan digelar 4 Oktober mendatang. Ada 130 peserta baik dari Pemko maupun swasta. Ujian digelar dua sif dan hanya satu hari pelaksanaan. ”Keselurahan peserta yang akan tes di kantor kami jumlahnya 130 orang, paling banyak dari Pemko Batam sejumlah 85 orang, sisanya dari 12 instansi yang berbeda,” terangnya.

Delpa menambahkan, untuk PPPK guru digelar di sekolah, karena menggunakan aplikasi Kemendikbud dan bukan BKN, untuk itu pelaksanaan digelar di sekolah.

”Guru kemarin sudah ujian di sekolah, hanya saja detailnya saya kurang tahu,” sebutnya. Disinggung mengenai pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) masih menunggu tanggal resmi dari pusat.

Informasi sementara, rencananya ujian akan digelar November mendatang. Delpa menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah menyelesaikan Seleksi Kompetensi Daasar untuk CPNS di lingkungan Pemko Batam, dan dilanjutkan dengan instansi vertikal dan PPPK non guru.

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), untuk total pendaftar PPPK non guru sebanyak 324 orang, dengan rincian 85 orang. Sementara, untuk tenaga PPPK guru jumlah yang mendaftar sebanyak 2.718 orang. Untuk tahun ini, dibuka 295 formasi CPNS dan 2.663 untuk tenaga PPPK. (*/jpg)