batampos.co.id – Upaya yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam berbuah manis. Selain jumlah pasien Covid-19 yang terus menurun, Batam juga telah keluar dari zona merah.

Bahkan saat ini zona hijau sudah mendominasi. Hingga Selasa (28/9/2021), enam kecamatan di Kota Batam sudah masuk daftar zona hijau atau nol kasus Covid-19.

Keenam kecamatan tersebut yakni:

1. Belakang Padang
2. Bulang
3. Batu Ampar
4. Galang
5. Nongsa
6. Sei Beduk

Penyebaran Covid-19 di Kota Batam berdasarkan kecamatan.

Sementara lima kecamatan masih zona kuning yakni:

1. Sagulung
2. Batu Aji
3. Sekupang
4. Lubuk Baja
5. Bengkong

Sedangkan Kecamatan Batam Kota saat ini masih zona oranye. Dengan jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 19 orang.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, pada Selasa (28/9/2021) hanya ada 3 kasus baru. Ketiganya diketahui tanpa gejala. Sementara itu jumlah pasien yang sembuh bertambah satu orang dan tidak ada penambahan kasus meninggal dunia.

Diketahui kasus aktif Covid-19 di Kota Batam hanya tersisa 0,16 persen atau ada sekitar 42 orang dalam perawatan.

Sementara tingkat kesembuh mencapai 96,59 persen atau 24.901 pasien dinyatakan sembuh.

Sedangkan tingkat kematian 3,23 persen atau sebanyak 835 pasien Covid-19 di Kota Batam dinyatakan meninggal dunia.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ia juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 55 Tahun 2021 tentang Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan sebagai Upaya Optimalisasi Penanganan dan Penghentian Penyebaran Covid-19 di Kota Batam.

Sesuai kebijakan tersebut, pengunjung yang akan memasuki fasilitas umum dan perkantoran serta instansi pemerintahan, diharuskan memindai aplikasi PeduliLindungi.

Penerapan aplikasi ini guna memberikan rasa aman kepada pengunjung di tempat umum sekaligus memudahkan pelacakan kontak jika terjadi kasus.

”Kalau mereka scan (memindai), nanti akan tercatat pergerakan mereka ke mana saja. Jadi, ini bisa memudahkan tugas Satgas nantinya,” katanya.(esa)