batampos.co.id – Pemerintah Singapura kembali mewujudkan janjinya untuk membantu Indonesia, khususnya Kepri dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Kali ini bantuannya dalam bentuk vaksin AstraZeneca (AZ) sebanyak 122.400 dosis. Dari jumlah itu, 60 ribu dosis khusus untuk Batam, selebihnya 62.400 dosis untuk wilayah lainnya di Kepri.

”Ini bagian dari kerja sama erat antara Singapura dan Indonesia dalam memerangi pan demi Covid-19,” ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Hubungan Luar Negeri, Dr Mohamad Maliki Osman, saat serah terima bantuan vaksin tersebut ke Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, di Pelabuhan Jurong, Singapura, Selasa (28/9).

Bantuan vaksin tersebut sudah dalam proses pengiriman tadi malam menggunakan kapal dan tiba di Pelabuhan Batuampar, Batam, Rabu (29/9) pagi ini. Selanjutnya, vaksin tersebut akan diserahterimakan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, hari ini juga.

Osman menjelaskan, kontribusi vaksin AstraZeneca yang diperoleh Singapura dibawah inisiatif COVAX ini, merupakan bagian dari upaya Singapura untuk mendukung perjuangan regional dan global melawan Covid-19.

Seperti yang dikatakan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, pada pertemuan dengan petinggi APEC pada 16 Juli 2021 lalu, Singapura akan menyumbangkan vaksin di bawah inisiatif COVAX ke negara lain. Singapura berterima kasih kepada Gavi dan AstraZeneca yang telah memfasilitasi upaya ini.

Dubes RI untuk Singapura, Suryo Pratomo, pada serah terima vaksin tersebut di Pelabuhan Jurong, menyampaikan terima kasih mendalam atas bantuan vaksin dari Singapura ke Pemerintah Indonesia. ”Ini bukti kerja sama erat yang telah berlangsung lama antara Singapura dan Indonesia, terutama dalam perjuangan berkelanjutan kita melawan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Vaksin bantuan Singapura ini, kata Suryo, akan disalurkan ke masyarakat di Batam dan Provinsi Kepri selaku tetangga terdekat Singapura. ”Sangat penting bagi kita untuk terus bekerja sama sehingga kita dapat keluar dari pandemi Covid-19 ini,” kata Suryo.

Apalagi, seperti fakta yang ada, saat ini penyebaran varian baru yang lebih menular masih terjadi dan menjadi tantangan serius ke depan. Menghadapi masa-masa sulit ini, kebersamaan Singapura dan Indonesia sangatlah penting.

Sebelumnya, Singapura juga telah menunjukkan komitmennya untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia, melalui program Oxygen Shuttle. Sekitar 500 ton oksigen cair bantuan Singapura dikirim ke Indonesia. Begitu pun pada awal-awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

Singapura juga banyak memberikan bantuan peralatan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Antara lain, disinfektan, masker, pakaian khusus untuk penanganan pasien covid, dan masih banyak lagi bentuk bantuan lainnya.

”Kami berharap kontribusi vaksin Singapura untuk Indonesia, yang kami peroleh di bawah inisiatif COVAX, akan mendukung upaya kami membentuk kekebalan komunal di masyarakat,” tutur Suryo.

Sebagai penutup, Suryo juga mengucapkan terima kasih kepada Gavi dan AstraZeneca yang telah memfasilitasi upaya ini. ”Saya yakin Singapura dan Indonesia akan pulih dari pandemi ini, lebih kuat, bersama-sama,” tutup Suryo. (*/jpg)