batampos.co.id – Terhitung Selasa (28/9/2021) kapal feri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang tujuan Lingga dan Dabo Singkep setop operasi sementara, karena tidak ada Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Pada kondisi normal kapal tujuan Bunda Tanah Melayu itu selalu tersedia setiap harinya, berangkat sekitar pukul 11.00 WIB.

Petugas Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya, menjelaskan mulai Selasa (28/9) kemarin kapal ke Lingga dan Dabo Singkep tidak beroperasi karena terkendala BBM.

”Macam mana mau nambah kapal antarpulau, untuk tujuan Lingga dan Dabo Singkep tak jalan. Dikarenakan nggak ada BBM,” kata Marta ke Batam Pos, Rabu (29/9/2021).

Marta menyebutkan pihaknya tidak mengetahui secara pasti sampai kapan kapal itu setop operasi, karena belum mendapat informasi lengkap dari pihak kapal.

”Belum dapat info kapan jalannya,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan Asisten Manager Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Raja Junjungan menyebutkan berdasarkan informasi yang diterimanya sudah dua hari kapal ke Lingga tidak beroperasi karena tidak ada BBM subsidi.

”Karena habis minyak, karena habis jatah BBM informasinya,” kata Raja.

Raja juga tidak tahu berapa lama kapal tujuan Lingga tidak
beroperasi karena juga menunggu kabar selanjutnya dari agen kapal.

”Info pasti kapal jalannya kami tak bisa jawab, sementara hanya itu informasi yang diberikan pihak pelayaran,”tambahnya.(*)