batampos.co.id – Gaung Batam yang akan segera turun ke level 2 atau 1 di satu sisi memberi harapan besar dan membangkitkan kembali semangat masyarakat. Namun, di sisi lain, tak sedikit yang menganggap kabar itu sebagai bentuk berakhirnya pandemi Covid-19. Padahal, Covid-19 belum berakhir, gelombang ketiga masih mengancam.

Belum berakhirnya Covid-19 bisa dilihat dari adanya penambahan kasus baru. Per 29 September, se-Provinsi Kepri terjadi penambahan 23 kasus baru. Rinciannya, tiga orang di Batam, tujuh di Tanjungpinang, empat di Karimun, empat di Anambas, empat di Natuna, dan satu di Lingga.

Sedangkan yang meninggal ada dua orang. Satu di Kota Tanjungpinang, dan satu lagi di Kota Batam. Sedangkan pasien sembuh bertambah 21 orang.

”Jadi, tetap waspada, jangan lengah, Covid-19 belum berakhir, tetap disiplin jalankan protokol kesehatan,” ujar Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Lamidi.

Di tempat terpisah, Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Covid-19 Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG membenarkan ada penambahan tiga kasus baru di Batam, Rabu (29/9). Juga ada penambahan satu pasien yang meninggal dunia.

”Ya, ada penambahan tiga pasien positif dan tiga pasien sembuh,” ujar Didi.

Dengan adanya penambahan kasus baru ini, maka kasus aktif di Batam saat ini berjumlah 41 orang, atau turun dua orang dibandingkan satu hari sebelumnya.

Didi menyebutkan, sampai saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam mencapai 25.781 orang. Dimana sebanyak 24.904 orang di antaranya sembuh serta 836 orang lainnya meninggal dunia. Ketiga pasien baru tersebut pasien terkonfirmasi tanpa gejala. ”Sepanjang 24 jam terkahir juga tercatat ada penambahan satu orang meninggal,” tambahnya.

Sementara itu, pasien yang dirawat sebagian besar menjalani isolasi mandiri di rumah dengan jumlah 22 orang. Selain itu, sembilan orang dirawat di Asrama Haji Batam dan 10 orang di sejumlah rumah sakit rujukan. ”Empat orang dirawat di Rumah Sakit Awal Bros, dua orang di RSUD Embung Fatimah, dan satu orang di Graha Hermine,” sebutnya.

Dengan penambahan kasus baru ini, maka tingkat kasus aktif Covid-19 di Kota Batam sebesar 0,159 persen. Tingkat kematian 3,243 persen serta tingkat kesembuhannya saat ini berada di angka 96,598 persen. (*/jpg)